JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Guru Dituntut Ikut Mensosialisasikan New Normal

Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Para guru diminta untuk ikut mensosialisasikan penerapan tatanan kenormalan baru (new normal) yang diusung pemerintah.

Permintaan itu disampaikan oleh Menteri Agama Fachrul Razi, yang tampil dalam acara halal bihalal secara virtual Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sabtu (6/6/2020).

“Dalam situasi ini guru kembali dituntut untuk tampil di garda terdepan membunyikan imbauan dan mencontoh teladan dan perbuatan untuk menyesuaikan dengan peradaban baru,” ujar Fachrul dalam sambutannya.

Baca Juga :  Yakin Mafia Pemilu Tak Bisa Beli MK, Tim AMIN Optimistis Gugatan Pilpres 2024 Bakal Dikabulkan

Ia mengatakan, wabah Covid-19 menghadirkan tuntutan yang mengharuskan adanya peradaban baru. Setiap aktivitas manusia harus diisi dan dikawal dengan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari penularan.

Aktivitas sekolah pun ikut terimbas. Terhitung sejak pertengahan Maret 2020, pemerintah pusat memutuskan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah, ditutup. Kegiatan sekolah harus dilakukan secara daring.

Baca Juga :  Banjir Amicus Curiae ke MK, Pakar: Bukan Bentuk Intervensi

Dengan kondisi ini, Fahcrul mengatakan, guru harus memanfaatkannya sebagai sarana untuk ikut mensosialisasikan imbauan pemerintah terkait new normal.

“Belajar online tidak lagi dilihat sebagai alternatif dalam situasi krisis, tapi akan jadi pilihan utama dalam mentransformasi substansi dan nilai-nilai peradaban,” kata Fachrul.

Ia pun menegaskan bahwa guru merupakan pilar peradaban. Karena itu, langkah tersebut pun dapat menjadi bagian dari peran guru dalam membangun peradaban.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com