JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hotel dan Resto di Solo Diizinkan Beroperasi, Tapi Dengan Pembatasan Ini

The Sunan Hotel Solo. Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkot Solo mempersilahkan hotel-hotel dan restoran di Kota Solo kembali aktif beroperasi menghadapi new normal. Sebelumnya, mereka diminta untuk memberitahukan secara resmi kepada Dinas Pariwisata (Disparta) untuk dilakukan monitoring kesiapan new normal.

Bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Solo, dibentuk tim monitoring untuk mengecek kondisi di lapangan terkait kesiapan industri hotel dan restoran sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Juknis Penanganan Covid-19 di Kota Solo.

“Kami ingin memastikan, pihak hotel dan restoran benar-benar menerapkan protokol kesehatan di masa new normal,” ujar Kepala Disparta Solo, Hasta Gunawan, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga :  Muncul Klaster Ulang Tahun, Rekor Jumlah Positif Covid-19 di Solo Tembus 601 Kasus

Seperti diketahui, meskipun Pemkot Solo tidak menginstruksikan hotel dan restoran untuk tutup selama status kejadian luar biasa (KLB) covid-19 di Kota Solo, namun beberapa dari mereka memutuskan untuk tutup sementara. Hasta menambahkan, jika pihak hotel sudah siap untuk buka kembali, dipersilahkan untuk mengirimkan surat pemberitahuan terlebih dulu kepada pihaknya.

“Nanti kami akan menerjunkan tim monitoring untuk mengecek kesiapannya seperti apa, khususnya untuk pemenuhan protokol kesehatan. Bagi hotel yang selama ini tidak tutup ya sama,” imbuhnya.

Baca Juga :  Polisi Komitmen Ungkap Kasus Penyerangan Anggota PSHT, Kapolresta Solo Beri Pesan Ini

Sementara itu, untuk kegiatan resepsi, MICE di hotel masih menunggu izin resmi dari Wali kota Solo.

“Pak Wali, kemarin sempat mengatakan boleh tapi dengan pembatasan tamu, mulainya kapan ini yang masih ditunggu. Kalau kemarin sempat dengar maksimal 40 persen dari kapasitas tempat, ini juga nanti yang menjadi perhatian kami untuk mengecek apakah benar kapasitasnya sesuai dengan yang dilaporkan” tukas Hasta. Prihatsari