JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Ibu Hamil di Wonogiri Mencapai 5.103 Orang, Meningkat Ketika Pandemi Corona Berlangsung

Calon akseptor KB di Puskesmas Girimarto Wonogiri. JSNews. Aris Arianto
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pelayanan konsultasi kesehatan di Puskesmas Girimarto Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah ibu hamil (bumil) di Wonogiri mengalami peningkatan. Terutama terjadi ketika pandemi berlangsung dimana banyak pasangan suami istri (pasutri) menghabiskan waktu di rumah saja.

Fakta peningkatan jumlah bumil itu diungkapkan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa ketika membuka pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka hari keluarga Nasional (Harganas) ke 27 di Puskesmas Girimarto, Senin (29/6/2020).

“Ada sejumlah 5.103 ibu hamil, meningkat bisa jadi karena ada pendemi yang berefek pada aktifitas di rumah,” beber Wabup.

Baca Juga :  Update Corona Wonogiri, Total Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Menjadi 20. Terbaru Ada Ustaz dan Satpam Sesama Warga Kecamatan Jatisrono

Jumlah itu menurut dia merupakan akumulasi dari awal tahun 2020 hingga April.

Yang jelas, pihaknya mewanti-wanti agar para bumil terus menjaga kondisi kesehatan. Termasuk, disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Antara lain, rajin cuci tangan, menjaga jarak, dan bermasker saat keluar rumah.

“Juga menjaga asupan gizi dan mesti rajin kontrol,” sebut dia.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Setyorini menerangkan, hingga kini sebagian bumil telah melahirkan. Saat ini data ibu yang masih hamil ada 4.455 orang.

Baca Juga :  Keren Slur, Staimas Wonogiri Raih Akreditasi Baik Dari BAN PT

“Hari ini dicanangkan secara serentak pelayanan KB sejuta akseptor. Program ini mencegah terjadinya babyboom apalagi di masa Pandemi,” beber dia.

Untuk program itu, target Wonogiri 1.628 akseptor. Pelayanan KB serentak digelar selama sehari ini di 25 kecamatan. Aria