JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Kesulitan Jawab Kapan Sekolah Buka, Gugus Tugas: KBM Jarak Jauh Masih Opsi Terbaik

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar Sekolah Dasar (SD) / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 menyatakan kesulitan menjawab pertanyaan kapan sekolah bakal dibuka lagi.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah bahkan belum memutuskan kapanย sekolahย bisa dibuka lagin di tengah pandemi ini.

“Sementara ini, sistem pembelajaran jarak jauh masih menjadi opsi yang paling memungkinkan,” ujar Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, kata Wiku, tentu telah menyiapkan sejumlah rencana alternatif and penyesuaian kegiatan pembelajaran di tengah pandemi.

Namun, sebelum sampai pada opsi-opsi alternatif itu, ujar Wiku, protokol kesehatan di sektor pendidikan harus tampui terlebih dahulu.

“Tahapan prakondisi untuk sekolah, guru, murid, dan orang tua juga harus disiapkan dulu,” ujar dia.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Minimal, kata Wiku, tiap sekolah harus mempunyai sirkulasi udara yang baik, memiliki cadangan air yang cukup untuk sanitasi dan mencuci tangan, setta membuat pengaturan tempat duduk setidaknya berjarak 1,5 meter antar murid.

“Semua ini harus diatur di dalamย protokol kesehatan. Ketika sudah waktunya, harus memperhatikan zona dan area tempat sekolah berada, opsi-opsi alternatif bisa dikaji,” ujar Wiku.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com