JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ketua DPC PDIP Karanganyar Kaget Lihat 10 Lukisan Seniman Muda Peserta Lomba Melukis Bung Karno. Seperti Apa Penampakannya?

Lukisan hasil karya peserta lomba Lukis dan Pidato Bung Karno di Karanganyar yang mirip dengan aslinya. Foto/Beni Indra
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Lukisan hasil karya peserta lomba Lukis dan Pidato Bung Karno di Karanganyar yang mirip dengan aslinya. Foto/Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – DPC PDIP Karanganyar lakukan inisiasi mendorong Pemkab setempat untuk memfasilitasi para seniman muda di Karanganyar.

Pasalnya, ternyata di Karanganyar dinilai banyak seniman berbakat di berbagai bidang seni masing-masing terutama seniman muda juga seniman tua yang masih dinamis.

Namun sayang kemampuan seniman ini belum tersentuh tangan pemerintah sehingga mereka mencari jati diri dengan caranya masing-masing.

Sebagai satu contoh saja ternyata bakat seniman lukis di Bumi Intanpari ini luar biasa dan tidak kalah dengan karya seniman nasional.

Namun karena tak ada dorongan dari pemerintah daerah maka karya besar mereka stagnan tak dikenal.

Pemandangan itu terjadi saat DPC PDIP Karanganyar gelar lomba seni melukis tingkat daerah Karanganyar yang kebetulan bertepatan dengan Bulan Bung Karno.

Baca Juga :  Diduga Tersesat, Pendaki Muda Ditemukan Tewas di Gunung Lawu Karanganyar. Korban Ditemukan Tak Bernyawa di Jalur Pendakian Gegerboyo

Alhasil karya lukisan para seniman muda Karanganyar mampu memikat dan membuat para tokoh di DPRD mengaku takjub.

“Kita lihat sendiri 10 lukisan bertema Bung Karno itu tidak hanya 99% mirip Bung Karno dan lukisannya berkharakter. Ini sungguh dahsyat,” ujar Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo di sela penyerahan hadiah lomba, Senin (29/06/2020).

Tak pelak melihat potensi bakat seni generasi muda tersebut Bagus Selo tergugah untuk berkordinasi dengan Pemkab setempat agar peduli dengan mereka. Dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah OPD terkait.

“Kami akan berjuang dengan Dinas Pariwisata setempat untuk memikirkan ruang untuk seniman muda tersebut,” tandasnya.

Foto/Beni Indra

Menurut Bagus Selo, pada anggaran 2021 pihaknya berjuang agar dialokasikan anggaran guna pengembangan ruang seniman muda.

Sebab kalau anggaran tahun 2020 sudah berjalan dan ada wabah Covid-19 sehingga belum bisa dianggarkan.

Baca Juga :  Ini Pesan yang Disampaikan Anggota DPR RI Komisi IV FPKB Mbak Luluk Ketika Mendampingi Menteri LHK Saat Sambangi Karanganyar

Selain seniman lukis, mungkin juga masih banyak seniman muda bidang lain yang juga harus difasilitasi agar semua potensi itu tergarap.

Sebab menurut Bagus, boleh dikata dari Karanganyar sejauh ini belum menorehkan seniman besar. Sedangkan dari Kabupaten lain sudah banyak apalagi dari Surakarta.

“Sebut saja Kabupaten Sragen melahirkan Danarto sebagai sastrawan. Lha dari Karanganyar perlu didorong para seniman muda agar besar berhasil membawa harum nama daerah,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba lukis dan pidato Bung Karno, Latri Listyowati mengaku bangga dengan bakat seniman muda tersebut.

“Mereka masih muda belia sehingga saya yakin jika mereka terfasilitasi pasti akan melompat karya dan namanya” tandasnya. Beni Indra/Wardoyo