JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Komisi I DPRD Solo Sebut Mal Pelayanan Publik Solo Masih Belum Penuhi Standar

Komisi I DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke mal pelayanan publik (MPP) Solo Rabu (10/6/2020). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bangunan yang akan menjadi mal pelayanan publik (MPP) Solo belum memenuhi standar. Hal itu merupakan hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi I DPRD Solo yang digelar Rabu (10/6/2020).

Saat ini, pembangunan MPP yang menggunakan bekas gedung Bank Danamon Solo tersebut sampai saat ini masih banyak kekurangan. Padahal, MPP tersebut rencananya akan diresmikan tanggal 17 Agustus 2020 mendatang.

“Kami khawatir kekurangan yang ada tidak bisa dipenuhi sampai jadwal peresmiannya nanti. Malah bisa saja peresmiannya mundur dari jadwal,” papar Ketua Komisi I DPRD Solo, Suharsono.

Kekurangan dari MPP Solo tersebut diantaranya akses keluar masuk kendaraan di depan kantor dimana hanya ada satu pintu gerbang di sisi barat kantor. Untuk memenuhi standar harus ditambah satu lagi pintu gerbang. Kantor MPP juga belum dilengkapi lahan parkir yang representative.

Baca Juga :  Perlahan Namun Pasti, Pasien Positif Covid-19 di Solo Terus Naik, Sekarang Total 667 Kasus

Rencananya tembok sisi utara yang berbatasan dengan Beteng Vastenburg akan dibongkar agar terhubung dengan lahan parkir vastenburg. Namun hal tersebut tidak ada dalam rencana kerja. MPP juga belum dilengkapi akses khusus difable.

“Saya tanya tadi akses difabel dimana? Katanya di samping. Saya kejar lagi di samping sebelah mana? Sudah ada di rencana? Ternyata tidak ada. Katanya anggarannya dialihkan untuk lainnya. Ini tidak boleh,” imbuh Harsono.

Baca Juga :  Pemkot Solo Cicil Perbaikan Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20

Di sisi lain, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Solo, Toto Amanto menambahkan, masa pekerjaan MPP akan berakhir pada 23 Juli 2020. Dia meminta agar pelaksana proyek renovasi dan persiapan infrastruktur MPP bekerja hingga batas waktu yang telah ditentukan.

“Tim dari MenPAN RB akan datang ke Solo sebelum launching. Nah tim itu akan memberikan opini, layak belum dilaunching. Sudah memenuhi syarat belum. Sebenarnya Mei kemarin mau kesini tapi karena ada covid 19 ditunda,” tukasnya. Prihatsari