JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lebih dari 50 Masjid di Tangerang Selatan Siap Gelar Salat Jumat

Ilustrasi Salat. Pixabay
ย ย ย 
Ilustrasi Salat. Pixabay

TANGERANG SELATAN, JOGLOSEMARNEWS.COM ย – Di Kota Tangerang Selatan, sudah lebih dari 50 masjid yang mengajukan ke Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan untuk melakukan aktivitas masjid kembali, sepertiย salatย jumat.

“Dari data yang saya terima sudah lebih 50 masjid mengajukan untuk kembali melakukanย salat jumatย dan salat berjamaah,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangsel Abdul Rojak, Kamis (4/6/2020) malam.

Menurut Rojak, syarat yang harus diperhatikan oleh pengurus masjid untuk melakukan salat berjamaah, termasukย salat jumatย adalah mengajukan izin ke Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan dan menerapkanย protokol kesehatan.

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

“Sudah boleh, prosedurnya sesuai dengan surat kementerian agama dengan nomor 15 tahun 2020, jadi masjid- masjid sudah boleh menggelar ibadah syaratnya ada surat keterangan aman dari Covid-19,” ujarnya.

Surat aman dari Covid-19, kata Rojak akan dikeluarkan oleh ketua gugus tugas Covid-19 tiap kecamatan, kemudian persedurnya nanti dilihat dari angka reproduksi secara umum dan angka reproduksi harian masih tinggi atau tidak.

“Bagi yang masih tinggi itu harus ada surat dinas kesehatan atau puskesnas biar DKM betul- betul terpantau. Kemudian persyaratan lain mengikuti. Protokol kesehatan, jamaah harus tetap tidak boleh dari luar harus lingkungan sekitar masjid,” ungkapnya.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Jumat, kata Rojak mulai pengawasan untuk monitoring terkait pelaksanaan pembukaan rumah ibadah yang di dalamnya terdiri dari Kementerian Agama, kepala KUA, Camat, TNI dan Polri.

“Jadi nanti kita turun ke lapangan memastikan bahwa masjid ini sudah mematuhi protokol kesehatan apa belum. Mulai jumat hari ini yang sudah buka Masjid Raya Bintaro Jaya,” imbuhnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com