JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Merapi Dua Kali Erupsi, Sejumlah Wilayah di Magelang Diguyur Hujan Abu

Gunung Merapi erupsi, Minggu (21/6/2020). twitter.com/BPPTKG

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali erupsi dua kali pada, Minggu (21/6/2020) pagi. Erupsi pertama terjadi pada 09.13, sedangkan erupsi kedua terjadi beberapa menit setelahnya atau pada pukul 09.27 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menerangkan, erupsi pertama yang terjadi 09.13 tercatat di seismogram memiliki amplitudo 75 milimeter. Kemudian, terjadi dengan durasi 328 detik.

“Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak, arah angin saat erupsi ke barat,” tulis BPPTKG melalui rilis yang disampaikan, Minggu (21/6/2020 pagi.

Baca Juga :  Pesan WA agar Remaja Tidak Keluar Rumah Bikin Warga Kulonprogo Resah

Setelah itu, erupsi kedua yang terjadi pada 09.27 dengan amplitudo yang sama seperti erupsi pertama 75 milimeter dan terjadi dengan durasi 100 detik. Tapi, BPPTKG mengungkapkan, tinggi kolom erupsi kedua tidak teramati.

“Hingga saat ini yang melaporkan hujan abu di (Kecamatan) Srumbung,” tulis BPPTKG.

BPPTKG meminta masyarakat tetap tenang, dan jarak bahaya disebutkan dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Aktivitas ini terbilang sangat berbeda dari yang terjadi selama enam jam pertama pada Ahad pagi.

Pada periode pengamatan pukul 00.00 hingga pukul 06.00, terjadi satu guguran dan satu hembusan. Meski begitu, memang terjadi pula lima gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 2-9 milimeter dan durasi 10 detik.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19, Wisatawan Malioboro Dilarang Salat di Masjid Kompeks DPRD untuk Sementara

Magelang Hujan Abu

Erupsi gunung Merapi yang terjadi pada Minggu (21/6/2020) mengakibatkan hukan abu di beberapa wilayah di kabupaten Magelang. Melansir dari website resmi BBBD kabupaten Magelang terjadi hujan abu di sejumlah kecematan di kabupaten Magelang.

Hingga Minggu(21/6/2020) pukul 10.40 WIB hujan baru dengan intensitas cukup deras mengguyur kecamatan Srumbung Magelang. Setidaknya ada tujuh desa di kecamatan ini yang diguyur abu vulkanik dari gunung Merapi.

www.republika.co.id