JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Penugasan Satgaster Kodim Blora ke Indonesia Timur untuk Perkuat Terotorial

Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE memimpin upacara pemberangkatan anggota Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) di lapangan apel Makodim Blora, Rabu (24/6/2020). Istimewa

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE memimpin upacara pemberangkatan anggota Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) di lapangan apel Makodim Blora, Rabu (24/6/2020) kemarin.

Tiga orang anggota Kodim Blora yang dilepas keberangkatannya untuk melaksanakan tugas operasi teritorial ke Indonesia bagian Timur adalah Pelda Samuri Koramil 05/Cepu, Sertu Suyono Koramil 07/Sambong dan Serda Sumaryoto Koramil 13/Kunduran.

Pemberangkatan personel ini merupakan gelombang ketiga, untuk menggantikan gelombang pertama yang berangkat pada bulan Juli 2019 lalu.

Letkol Ali Mahmudi mengatakan, pelepasan anggota Satgaster Kodim 0721/Blora merupakan perintah dari Komando Atas untuk melakukan tugas sebagai Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dan Kodam XVII/Cenderawasih.

Baca Juga :  Wouw... Hutan Tinjomoyo Bakal Dilengkapi Jembatan Kaca

“Ini bukan tugas tempur, tetapi tugas untuk memperkuat teritorial di dua wilayah di provinsi Papua Barat dan Papua, ” kata Dandim.

Menurut Dandim, para anggotanya tersebut akan melaksanakan tugas selama 9 bulan. Rencana pemberangkatan akan dilakukan pada akhir Juni ini.

Personel yang diberangkatkan dalam satgaster adalah anggota yang memenuhi syarat dan kriteria. Mereka adalah anggota yang produktif, memiliki kemampuan teritorial, yang direkrut dan diseleksi oleh Kodim melalui tiap Koramil untuk diajukan layak sebagai anggota Satgaster.

“Mereka akan melakukan tugas teritorial sesuai bidang yang dikuasainya. Jadi apa yang akan mereka lakukan sudah dilakukan disini, dan akan ditransferkan di medan tugas guna membantu masyarakat setempat, nantinya,” terang Dandim.

Baca Juga :  Legislator Blora Lakukan Pengawasan Khusus Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Ditegaskan oleh Dandim, hal ini adalah tugas terhormat dan mulia sehingga merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi personel yang menerimanya sehingga diharapkan supaya dapat menjalankan tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

“Keberhasilan tugas akan dapat dicapai, yakini dimanapun kita berada dengan semangat tinggi disertai tanggung jawab. Kita pasti bisa dan jaga nama baik satuan Kodim 0721/Blora,” tegasnya. Satria Utama