JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Polda Jateng Siapkan 285 Kampung Siaga Corona, Edukasi dan Disiplinkan Warga Hadapi New Normal

Suasana salah satu Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk Polda Jateng untuk menghadapi New Normal. Foto: dok polda jateng
   
Suasana salah satu Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk Polda Jateng untuk menghadapi New Normal. Foto: dok polda jateng

SEMARANG,JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah membentuk Kampung Siaga Covid-19, dalam rangka mempersiapkan tatanan baru kehidupan atau new normal sekaligus mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi mengatakan, Kampung Siaga Covid-19 ini merupakan role model yang bisa diaplikasi di mana saja dengan memberdayakan potensi masyarakat dan solidaritas sosial. “Ini akan menjadi kekuatan yang besar bagi kita untuk bersama-sama membangun komitmen, menghentikan penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah serta mempersiapkan dan mendisplinkan masyarakat menghadapi New Normal,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.

Dalam siaran persnya yang diterima redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (3/6/2020) Ahmad Lutfi menyatakan, berbagai pihak yang terlibat seperti RT/RW, tokoh agama dan masyarakat bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa nantinya melalui Kampung Siaga Covid-19 ini diharapkan mampu melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19. Mereka juga menciptakan empathy building dan social bonding di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Di samping itu, kata Lutfi, mereka juga memberikan bantuan sembako, hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Lebih jauh, pihak yang terlibat juga dapat melakukan pemantauan terhadap Orang Dalam Pengawasan (ODP). “Yang cukup penting dalam melawan Covid-19, adanya keleluasan dan kemudahan tracing terhadap riwayat masyarakat yang pernah kontak dengan ODP, PDP dan positif Covid-19,” tegasnya.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Sebanyak 285 Kampung Siaga Covid-19 yang tersebar di 35 daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah terbentuk. Nantinya, Kampung Siaga Covid-19 ini akan diberikan bantuan serta edukasi seputar protokol kesehatan dalam rangka menghadapi dan mencegah penularan Covid-19.

“Diserahkan untuk setiap Kampung Siaga Covid-19 meliputi peralatan cuci tangan 1 unit, sprayer elektrik disinfektan 1 unit, thermogun 1 unit dan masker 100 lembar,” paparnya.

Mantan Kapolresta Surakarta ini menambahkan, Kampung Siaga Covid-19 telah berjalan di sejumlah wilayah seperti Pekalongan, Cilacap, Purworejo Sukoharjo dan Bumiayu. “Saya mengucapkan terima kasih dukungan dan kesadaran  masyarakat  atas terbentuknya kampung siaga,” tutupnya.(Anas Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com