JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Terbelah, Kader PDIP Solo Ramai-ramai Dukung Gibran

Sejumlah kader PDIP Solo melontarkan pernyataan sikapnya, Jumat (26/6/2020). Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Konflik internal dalam tubuh PDIP Solo semakin jelas terlihat. Bahkan sejumlah kader PDIP Solo terang-terangan memberikan dukungannya kepada Gibran Rakabuming Raka.

Padahal, seperti diketahui DPC PDIP Solo mengusung pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai bakal calon tunggal yang diusung sepenuhnya oleh DPC. Namun hal itu tidak menciutkan nyali sejumlah kader yang melontarkan pernyataan sikapnya, Jumat (26/6/2020).

Sejumlah kader yang terdiri dari pengurus struktural PDIP, kader senior mantan pengurus DPC, pengurus departemen, pengurus anak cabang, pengurus ranting, pengurus anak ranting PDIP dan mantan anggota Fraksi DPRD Solo tersebut terang-terangan menyatakan sikap mendukung Gibran untuk maju dalam ajang Pilwakot Solo 2020.

Baca Juga :  Bak Film Laga, Polisi Kejar Pencuri Mobil di BRI Solo, Pelaku Berhasil Dilumpuhkan di Rumah Anggota DPRD

Wakil Ketua I PAC PDIP Kecamatan Banjarsari, Ariyanto Rinto Suryono mengungkapkan, beberapa pertimbangan dirinya bersama rekan-rekannya menyatakan sikap tersebut karena karena melihat sikap dan etika politik Achmad Purnomo yang sudah menyatakan secara resmi mundur dari bakal calon wali kota Solo pada Pilkada Serentak.

“Ada dinamika dan etika politik yang tidak sehat di dalam pencalonan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai balon wali kota dan wakil wali kota Solo oleh DPC PDIP Solo. Kalau mundur ya sudah, meskipun ditolak DPC,” urainya.

Secara tegas, mereka meminta agar DPP PDIP mengklarifikasi pernyataan resmi mundurnya Achmad Purnomo sebagai balon wali kota Solo yang telah diusulkan DPC PDIP. Hal tersebut agar tidak terjadi persepsi di masyarakat luas bahwa seorang yang telah mempermainkan PDI-P pada proses pencalonan Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga :  Peradi Solo Berikan Asuransi Kepada Ahli Waris Anggotanya yang Meninggal Dunia

“Seharusnya DPC PDI-P Solo tidak memaksakan kehendaknya untuk tetap mencalonkan Achmad Purnomo sebagai balon wali kota,” imbuh Ariyanto.

Tidak hanya itu, dalam pernyataan sikap tersebut menyatakan juga bahwa DPP harus menunjuk balon wakil wali kota yang mendampingi Gibran adalah kader senior PDI-P yang berkompeten, kredibel, responsif dan loyal serta berpengalaman dalam pemerintahan dan menguasai peta politik Kota Solo.

“Kami siap mengamankan dan memenangkan balon wali kota dan wakil wali kota Solo pada Pilkada Serentak 2020 yang direkomendasikan oleh DPP PDI-P,” tukas Ariyanto. Prihatsari