JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

ASITA DIY Dukung Penundaan Wisatawan Luar Datang ke DIY

Gendhing Kurmat Dalem
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Senada dengan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY mendukung penundaan perjalanan wisata dari luar ke wilayah DIY.

Ketua ASITA DIY, Udhi Sudiyanto mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 memang perlu mempersiapkan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut dia, saat ini justru destinasi wisata, hotel, restoran, biro perjalan harus benar-benar mempersiapkan protokol dengan baik.

“Beliau (Wakil Wali Kota Yogyakarta) memiliki dasar pemirkian dan pertimbangan. Karena beliau khawatir euforia kumpul-kumpul ini, khawatir tidak menerapkan protokol kesehatan yang ada. ASITA (DIY) mendukung kebijakan pemerintah, jangan sampai malah kecolongan,” katanya, Rabu (15/6/2020).

Baca Juga :  Polisi Amankan 2 Pelaku Penganiayaan dan Perusakan Mobil Takbir Keliling di Yogya

Menurut dia, rombongan dalam jumlah besar memang perlu diwaspadai. Sebab dalam melakukan pelacakan (tracing) akan lebih sulit.

“Saya kira kalau kunjungan keluarga masih bisa, karena dalam tracingnya juga lebih mudah,”sambungnya.

Udhi menilai yang dibutuhkan saat ini adalah standarisasi protokol kesehatan, baik di destinasi wisata, hotel, dan restoran.

“Saat ini kan ada standarisasi protokol, ketika dinyatakan memenuhi standar oleh yang berwenang (gugus tugas penanganan COVID-19), berarti kan destinasi, hotel, restoran sudah sesuai dengan protokol. Ya itu harus dipenuhi dulu, jangan buru-buru kepengen buka, tetapi belum sesuai standar. Malah jadi simalakama,”lanjutnya.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

Dalam kondisi pandemi seperti ini, dibutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah, destinasi wisata, hotel, restoran, termasuk biro perjalanan, terutama terkait protokol pencegahan COVID-19.

Ia yakin, ketika seluruh elemen sudah siap menerapkan protokol COVID-19, maka pariwisata Kota Yogyakarta akan bangkit kembali.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com