JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas, Mulai Hari Ini Polres Karanganyar Gencarkan Operasi Kendaraan Patuh Candi. Ada 3 Sasaran Utama Penindakan, Kapolres Sebut Razia Bakal Beda!

Tim Polres Karanganyar saat melakukan operasi patuh candi, Kamis (23/7/2020). Foto/Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mulai hari ini Kamis (23/07/2020) Polres Karanganyar akan menggelar operasi ketertiban kendaraan atau yang disebut Operasi Patuh Candi hingga berakhir 5 Agustus.

Tetapi kharakter, bentuk serta sasaran operasi kali ini jauh berbeda dibandingkan jauh sebelumnya.

Kali ini sasarannya selain operasi penertiban kendaraan juga operasi penertiban standar protokol kesehatan guna mencegah Covid 19.

Selain itu operasi kali ini juga membidik sasaran potensi pelanggaran anggota di tiap Polsek dan Polres yang selama ini jarang terjaring.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengatakan operasi ini kali pertama terjadi di tengah pandemi maka polisi lebih fokus pada pembinaan jika terjadi pelanggaran. Porsinya 80% selebihnya penindakan jika dirasa pelanggaran fatal.

Baca Juga :  Pemilik Kucing di Colomadu Yang Ditembak Mati Tetangganya, Resmi Lapor Polisi. Anisa Didampingi 5 Lawyer Solo

“Operasi Patuh Candi kali ini sangat beda kharakter fokus dan sasarannya yakni lebih pada arah pembinaan dibandingkan penindakan,” tegasnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di Mapolres Karanganyar, Kamis (23/07/2020).

Meski begitu, Kapolres meminta masyarakat tetap menjaga ketertiban berkendara dan tidak menyepelekan aspek protokol kesehatan.

“Walaupun porsi pembinaan operasi patuh ini 80% dibandingkan penindakan,
. Tapi jangan menyepelekan karena jika terlalu parah tetap ditindak,” lanjutnya.

Baca Juga :  Tak Main-Main, Polres Karanganyar Sikat 110 Motor Pakai Knalpot Brong Nan Meresahkan. Awas, Kapolres Sebut 16 Motor Mencurigakan dan Diduga Terkait Kejahatan!

Kapolres menjelaskan ada tiga sasaran yaitu pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan. Selanjutnya sasaran yaitu pelanggaran dominan di Polsek dan Polres masing – masing serta penertiban protokol kesehatan.

Diketahui sejak Pandemi Covid satu semester ini polisi relatif melonggarkan ketertiban berlalu lintas dengan banyak aspek pertimbangan dampak akibat Covid.

Bahkan selama Covid 19 polisi jarang lakukan razia lalu-lintas, kini setelah Covid 19 mereda polisi akan kembali lakukan operasi lalu-lintas meski sifatnya lebih soft lunak yakni pembinaan. Beni Indra