JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bawaslu Solo Temukan Pendukung Siluman Saat Verfak Pasangan Bajo, Diberi 3 Hari untuk Pembuktian Dukungan

Pasangan Independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo menemukan sejumlah pendukung siluman saat melakukan verifikasi faktual (Verfak) dukungan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo jalur perseorangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Terkait hal itu, Bawaslu Solo memberikan waktu tiga hari kepada tim bakal calon untuk mendatangkan pendukung tersebut sebagai bukti dukungan.

Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono mengatakan, tahapan Verfak telah dilakukan selama sepekan terakhir dan dijadwalkan selesai tanggal 11 Juli 2020. Pendukung siluman tersebut merupakan salah satu temuan saat Verfak dimana petugas tidak menemukan keberadaan para pendukung tersebut.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Mungkin mereka kerja, keluar kota atau memang domisilinya tidak sesuai dengan KTP (kartu tanda penduduk),” ujarnya, Minggu (5/7/2020).

Terkait hal itu, Bawaslu memberikan waktu kepada tim bakal calon untuk mengumpulkan para pendukung siluman tersebut maksimal tiga hari setelah kunjungan ke lapangan. Jika tidak, maka dipastikan mereka tidak mendukung bakal calon.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

“Pengumpulan dilakukan untuk memastikan mereka mendukung bakal calon. Selain itu, ada temuan juga pendukung yang ternyata tidak mendukung. Identitasnya benar, namun saat dikonfirmasi ternyata mereka tidak memberikan dukungannya. Ini juga banyak,” imbuh Budi.

Dua kasus temuan tersebut hampir merata di seluruh kecamatan di Kota Solo. Namun untuk pendukung siluman paling banyak ditemukan di Kecamatan Pasar Kliwon.

“Kami meminta agar masyarakat kooperatif saat petugas melaksanakan tugas verfaknya. Agar hasilnya lebih maksimal,” tegas Budi. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com