JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Grand Final Pemilihan Duta Genre Kota Surakarta 2020

Dok OPD DPPKB Kota Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satrio Wahyu Priambodo berhasil meraih Juara I kategori putera dalam ajang Finalis Duta Genre Kota Surakarta 2020.

Satrio berhasil menyisihkan 17 orang finalis lainnya sebelum akhirnya ke puncak tangga. Juara II diraih Jont Faisyal, sedangkan dalam  kategori perempuan, berhasil menjadi Juara I Jihan Ashilla, disusul Alifi Kurnia Dzulhijjah sebagai juara II.

Sementara itu, Juara Berbakat disabet oleh Achmad Nur Kholis dan kategori puteri adalah Salva Sabrina Cahyani. Juara duta genre best advokasi , Dhiya Restu Putra dan Juara Duta Genre persahabatan oleh Dwi Triska Novemia.

“Sementara Juara Favorit diraih oleh Dwi Apriyanto dan Elizabeth Afinka Bunga Pratiwi,” jelas Staf DPPKB Surakarta, Ratna Dewi Pudiastusi dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ratna menjelaskan, 17 orang finalis tersebut terdiri dari perwakilan PIK remaja, SMK, SMA dan mahasiswa. Peserta diseleksi dengan berbagi tahap seleksi, tes tertulis, wawancara uji bakat, sebelum akhirnya sampai ke Grand Final.

Baca Juga :  Persebaran Corona Meluas, Kembali 3 Gedung Pemprov DKI Jakarta Ditutup

“Duta generasi berencana (genre) harus bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pernikahan usia ideal,” bebernya.

Duta genre, menurut Ratna, juga harus memberikan pemahaman kepada masyarakat secara proaktif kepada remaja lainya. Salahsatunya dengan menghindari Triad KRR, yaitu tiga risiko yang dihadapi remaja, yakni seksualitas (sex pranikah), HIV Aids dan Napsa.

“Grand final telah dilaksanakan  Kamis (16/7/2020) bertempat di Balai Tawang Arum Balaikota Surakarta. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan, misalnya jaga jarak, pakai masker, penyediaan hand sanitizer dan lain-lain,” jelasnya.

Dewan juri melibatkan Ade Sony Noverianto (Genre Jateng),  Hanifah Ihsaniyati SPMSI (dosen UNS),  Sruti Respati SS (Dinas Kebudayaan) dan Octaviano Duryan Putra (Duta Genre Berbakat).

“Sedangkan 10 besar akan mendapatkan uang pembinaan dan Piagam penghargaan dari Walikota Surakarta,” ujarnya.

Baca Juga :  Kemenkes Dominasi Jumlah Kasus Covid-19 Klaster Perkantoran di DKI Jakarta

Ratna menjelaskan, untuk  lomba Duta Genre Provinsi Jawa Tengah, 0PD DPPKB  Surakarta berturut-turut meraih penghargaan.

Tahun 2017 diraih  oleh PIK Remaja  jalur Pendidikan, yang diwakili G  Putra Surya Nugraha (Universitas Setia Budi) sebagai Juara II  Provinsi Jateng dan PIK Remaja Serengan  melewati jalur masyakat.

Michael Rivaldi Mewengkang berhasil meraih Juara I dalam ajang yang sama tahun 2018. Sedangkan Bekti N dari UNS berhasil masuk lima besar.

Untuk tahun 2019, Yunita Sekarningtyas dari UNS berhasil menerobos rintagan dan berhasil menjadi Juara II se Jateng. Sedangkan Muhamad Marjuki dari UNS cukup puas masuk 10 besar.

“Dengan adanya Generasi pertama Berencana akan melahirkan Generasi Emas bagi bangsa Indonesia ke depan,” ujar Ratna, yang juga seorang penulis andal itu.  suhamdani