JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Idul Adha di Tengah Pandemi, Berkah Kurban Akan Jangkau Pelosok Semarang

Ilustrasi hewan kurban dari Global Qurban – ACT Jawa Tengah. Foto: ACT Jateng
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sekitar dua pekan lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Ibadah Kurban menjadi ibadah sunnah yang paling dianjurkan saat perayaan hari raya tersebut.

Momen berbagi menjadi sesuatu yang ditunggu, mengingat sulitnya perekonomian masyarakat makin terasa di tengah wabah Covid-19 yang saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Kebahagiaan itu yang ingin dibagi oleh Global Qurban – ACT Jawa Tengah. Giyanto selaku Kepala Cabang Global Qurban – ACT Jateng mengatakan, tahun ini Global Qurban – ACT menargetkan akan kembali menyalurkan ratusan ribu hewan kurban ke pelosok negeri hingga mancanegara. Untuk wilayah Jawa Tengah, lokasi yang telah dipilih salah satunya adalah Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang.

Baca Juga :  Sapi Kurban di Randusari, Semarang Ngamuk dan Terjur ke Sumur Sedalam 3 Meter Saat Disembelih, Begini Selanjutnya...

“Insyaallah tahun ini Global Qurban – ACT akan kembali menyalurkan ratusan ribu ekor setara kambing dan didistribusikan ke berbagai wilayah pelosok Indonesia hingga ke negara terdampak krisis kemanusiaan. Salah satu wilayah implementasinya yaitu Kecamatan Pringapus yang paling terdampak bencana kekeringan dengan penduduk prasejahtera,” ujar Giyanto pada Rabu (15/7/2020).

Global Qurban – ACT hendak menyasar masyarakat Desa pelosok yang minim fasilitas umum. Beberapa Desa di area Pringapus setiap tahunnya memang mengalami kesulitan akses air bersih, selain itu,penduduk desanya pun mayoritas prasejahtera.

Sasarannya adalah wilayah yang tidak setiap tahun dapat merasakan nikmatnya daging kurban. “Berdasarkan survei yang dilakukan relawan ACT, beberapa wilayah disana tidak setiap tahun ada pemotongan hewan kurban. Seperti di Desa Candirejo, tepatnya Dusun Kedungglatik. Tahun lalu saja di dusun tersebut ada hewan kurban. Adapun pemotongan hewan didapatkan dari pemberian daerah lain,” tambah Giyanto.

Baca Juga :  Wali Kota Semarang Terus Dorong Penguatan Sektor Budidaya Ikan

Hadirnya Global Qurban – ACT di pelosok Semarang sebagai solusi pemerataan pendistribusian hewan kurban. Kepada masyarakat dikala pandemi seperti ini terdapat kemudahan melaksanakan kurban meski dari rumah saja. Masyarakat dapat menyalurkan kurban terbaiknya melalui care line 024-76422290 atau via pesan whatsapp di nomor 081234234514.

Dengan demikian, maslahatnya dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan di pelosok. Seperti pada Idul Adha tahun lalu, sebanyak 26.558 ekor hewan setara kambing yang diamanahkan oleh pekurban dari Indonesia dan telah sampai ke keluarga prasejahtera di pelosok Indonesia hingga mancanegara. Prihatsari