JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Hewan Kurban Melonjak Tahun Ini Kendati Ada Pandemi Berimbas Turunnya Harga Beli

Pemotongan hewan kurban di masjid Al Mukmin Satlantas Polres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
Pemotongan hewan kurban di masjid Al Mukmin Satlantas Polres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H yang dipotong DPD LDII Wonogiri mengalami peningkatan jumlah dibandingkan tahun lalu. Kendati saat ini masyarakat masih dilanda pandemi COVID-19 hingga menyebabkan daya beli menurun.

Sekretaris DPD LDII Wonogiri, Agung Susanto menerangkan, pihaknya sementara ini mendata ada 306 ekor sapi dan kambing 302 ekor kambing dengan perkiraan nominal lebih dari Rp 6,5 miliar yang dikelola pada Idul Adha tahun ini. Jumlah itu masih dimungkinkan bertambah mengingat masih banyak komplek pengajian yang akan menyembelih kurban keesokan harinya. Sebagai perbandingan tahun lalu pihaknya mengelola 275-an ekor sapi.

Baca Juga :  Miris, 20 Warga Kecamatan Batuwarno Wonogiri Terjaring Razia Karena Kedapatan Tidak Memakai Masker, Langsung Diberikan Sanksi ini

“Dibanding tahun lalu memang ada penambahan, meskipun saat ini tengah ada pandemi dan daya beli masyarakat menurun,” ungkap dia didampingi pengurus lainnya seperti Joko Santoso maupun Sutoyo di sela penyembelihan di komplek DPD LDII Wonogiri, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

Dia menyebutkan, usai disembelih daging kurban langsung dibagikan kepada mereka yang berhak. Panitia memberikan daging langsung ke penerima tanpa melalui mekanisme penukaran kupon.

“Ini untuk menghindari terjadinya kerumunan. Selain itu lokasi penyembelihan atau pemotongan berada di luar ponpes, karena ponpes hingga kini masih ditutup,” jelas dia.

Sementara Kaporles AKBP C Tobing dan jajarannya menyerahkan tiga ekor sapi dan 27 kambing ke takmir masjid Al Mukmin komplek Satlantas Polres Wonogiri. Aria