JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Baik, Mulai Besok Obyek Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Resmi Dibuka Kembali. Tapi Ada Ketentuan dan Batasan Pengunjungnya Berikut!

Taman Wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Taman Wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar baik berembus bagi pecinta wisata alam yang sudah rindu ingin kembali berwisata.

Obyek wisata Grojogan Sewu di Karanganyar yang berada di Tawangmangu, secara resmi akan dibuka untuk umum mulai tanggal 3 Juli 2020 atau Jumat besok.

Untuk pembukaan tahap awal, jumlah pengunjung masih dibatasi 30 persen dari jumlah pada saat waktu normal.

Jika dalam satu hari waktu normal jumlah pengunjung mencapai 300 orang, maka hanya sekitar 100 pengunjung yang bisa memasuki kawasan wisata yang berada di lereng Gunung Lawu tersebut.

Kepastian itu disampaikan Tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Rabu (1/7/2020). BKSDA nantinya bersama Dinas Pariwisata serta pengelola, akan melakukan evaluasi satu minggu sekali.

Baca Juga :  Detik-detik Longsor Maut di Kemuning Ngargoyoso. Terjadi Saat 4 Pekerja Bangun Talut di Tebing 8 Meter, Saat Pasang Cakar Ayam Tiba-Tiba...

Kepala BKSDA  Jawa Tengah, Darmanto, sebelum melakukan pertemuan dengan bupati Karanganyar, Juliyatmono, Rabu (01/07/2020).

Kepada wartawan, Darmanto menyampaikan pembukaan kembali taman wisata alam (TWA) Grojogan Sewu ini, telah melalui enam tahapan.

Tahapan tersebut menurut Darmanto, meliputi, kesiapan lapangan, kesiapan para pengelola, kesiapan petugas, kesiapan administrasi berupa dukungan dari Pemkab Karaganayar, serta kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan.

Setelah 6 tahapan ini, akan langsung dilakukan ujicoba.

“Proses uji coba sedang kita lakukan. Nanti pada tanggal 3 Juli 2020, secara resmi akan kita buka untuk umum,” jelasnya.

Darmanto menuturkan, secara keseluruhan TWA Tawangmangu memiliki luas 60 hektar. Dan 20 hektar diantaranya digunakan untuk ruang usaha warga.

Baca Juga :  Bupati Karanganyar Sebut Universitas Terbuka Makin Keren, Kontekstual dan Strategis. "Ke Depan Semua Perguruan Tinggi Akan Meniru UT"!

“TWA Grojogan Sewu ini memiliki dampak sosial yang cukup besar. Dengan dibukanya kembali lokasi wisata ini, maka roda perekonimian warga sektar kembali bergerak,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Titis Jawoto, menegaskan, setiap pengunjung yang akan masuk ke lokasi wisata, petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Kita juga meminta kepada petugas untuk mencatat alamat masing-masing pengunjung yang datang secara rombongan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu. Namun yang jelas, satu hal yang kami tekankan, seluruh protokol kesehatan, wajib dilaksanakan,” tandasnya. Wardoyo