JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kemudahan Berkurban Terbaik di Tengah Pandemi, Hadirkan Rasa Optimis dan Kebahagiaan

Global Qurban dan ACT memberikan kemudahan bagi para pekurban untuk berkurban melalui Global Qurban dan ACT. Dok, ACT Jateng
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam kondisi yang serba menghimpit, agama Islam mengajarkan bahwasanya ibadah menjadi kunci agar hati menjadi tenang. Keikhlasan menjadi kunci utama dalam sebuah ibadah yang melahirkan ketakwaan, terlepas dari apa pun kondisinya.

Maka pandemi Covid-19 tidak menggeser sedikit pun perintah Allah, termasuk juga kurban. Keikhlasan berkurban yang berbuah ketakwaan, turut menghadirkan rasa optimis dan kebahagiaan, baik bagi pekurban maupun masyarakat penerima manfaat. Hal ini disampaikan oleh Giyanto Kepala Cabang Global Qurban – ACT Jawa Tengah.

“Boleh jadi, kaum prasejahtera menanti momentum kurban karena hanya pada hari ini mereka bisa menikmati lezatnya daging. Akibat pandemi Covid-19, jumlah masyarakat prasejahtera meningkat secara signifikan.

Melihat kondisi ini, kurban tidak hanya dimaknai sebagai ibadah saja, tetapi juga penyelamatan jiwa manusia. Inilah kiranya berkah dan maslahat kurban yang ingin kita luaskan, sebuah optimisme yang membantu umat bertahan di masa sulit ini,” terang Giyanto, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga :  Distan Kota Semarang Temukan 48 Jeroan Hewan Kurban Tak Layak Konsumsi, Disiplin Protokol Kesehatan Jadi Prioritas

Dengan mengusung tema “Labbaik Berqurban Terbaik”, Global Qurban – ACT mengajak umat muslim sedunia untuk memenuhi panggilan Allah untuk kurban selayaknya memenuhi panggilan haji. Bagi yang tak bisa menjalankan ibadah haji, mereka masih bisa menunaikan ibadah kurban. Ibadah yang penuh sejarah, penuh makna dari Nabi Ibrahim.

Ibadah yang melambangkan penyerahan manusia atas perintah Allah. Berkurban sebagai langkah memenuhi panggilan dari Allah, labbaik, juga sebagai bentuk tetap dalam ketaatan beribadah di tengah wabah Covid-19 seperti sekarang ini.

Dalam ibadah kurban, umat muslim diperintahkan untuk belajar menyedekahkan harta terbaik untuk menggapai rida Allah Azza wa Jalla. Harta yang dikeluarkan akan berbuah keberkahan karena lebih mendekatkan pada keikhlasan dan ketakwaan.

Pada dasarnya, syariat kurban mengandung banyak hikmah dan kebaikan sehingga Global Qurban – ACT berupaya menjamin keamanan penyembelihan hingga distribusi hewan kurban agar hal-hal terbaik dari kurban sampai ke tangan penerima manfaat. Untuk itu, Global Qurban – ACT menerapkan prosedur penyembelihan dalam kondisi pandemi serta memperhatikan kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga :  3 Terdakwa Penolak Jenazah Pasien Covid-19 Dijatuhi Vonis 4 Bulan Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

“Pelaksanaan kurban tahun ini harus dilakukan berdasarkan protokol Covid-19, termasuk juga proses penyembelihan, pengemasan, hingga sampai ke tangan penerima manfaat. Dengan begini, hikmah kurban diharapkan bisa sampai hingga ke penerima daging kurban. Dan ini menjadi prosedur standar yang akan diterapkan oleh Global Qurban – ACT di 43 cabang Indonesia,” ujar Giyanto.

Pada Iduladha tahun ini pun, Global Qurban – ACT menargetkan dapat kembali menjangkau masyarakat yang membutuhkan di 34 provinsi di Indonesia dan 32 negara miskin serta terdampak krisis kemanusiaan.

Masyarakat Indonesia dapat membeli hewan kurban berkualitas melalui tautan bit.ly/Berqurban1441H atau melalui layanan jemput kurban di nomor whatsapp 081234234514. Nantinya, tim Global Qurban akan mendatangi langsung rumah pekurban sesuai dengan pilihan hewan baik itu kambing, sapi, maupun unta. Prihatsari