JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dua Hotel di Solo Ditutup Setelah 8 Tamunya Positif Covid-19

Ilustrasi penyebaran virus corona atau covid-19. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua hotel di Solo terpaksa ditutup sementara operasionalnya setelah kedapatan delapan tamunya dinyatakan positif covid-19. Penutupan dua hotel bintang empat tersebut dilakukan mulai per Kamis (16/7/2020).

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani mengungkapkan, penutupan sementara hotel dilakukan berdasarkan laporan masuk dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo terkait adanya tamu hotel yang positif covid-19.

“Dua hotel itu kemudian akan disterilkan. Disemprot disinfektan. Kita sudah panggil pihak manajemen, dan memberitahukan hal tersebut. Akan dilakukan tracing juga,” paparnya, Kamis (16/7/2020).

Tracing akan dilakukan pada karyawan hotel yang pernah berkontak dengan tamu tersebut. Selain ditracing, mereka akan langsung dites swab. Sementara itu terkait dengan tamu yang positif covid-19, menurut Ahyani, mereka adalah tamu dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang tengah melakukan kunjungan kerjanya ke Solo.

Baca Juga :  Jika Pilkada Sesuai Jadwal, Wakil Sekretaris DPW PPP Jateng Berharap Coblosan Dilakukan COD, Begini Penjelasannya

“Mereka menginap di dua hotel. Sebelumnya mereka datang ke Solo dengan hasil rapid test non reaktif. Tapi sesaat setelah berada di Solo, kemudian diberitahu bahwa hasil swabnya positif. Mereka kemudian melapor ke DKK,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan tersebut, DKK kemudian melakukan tracing dan diperoleh hasil sebanyak delapan tamu dari dua hotel tersebut dinyatakan positif covid-19. Ke delapan tamu tersebut langsung ditarik ke RS di Solo untuk dilakukan karantina.

Baca Juga :  538 Anak di Jateng Terpapar Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka Direkomendasikan Ditunda Dulu

“Mereka OTG. Namun demi keamanan langsung dibawa ke RS. Karena setelah diketahui positif, mereka tidak diperbolehkan kembali ke Jakarta.

Di sisi lain, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyebutkan penutupan hotel tersebut merupakan tindakan tegas dari Pemkot Solo setelah sebelumnya dilakukan peringatan.

“Sudah saya bilang dari awal, kalau ada yang positif saya tutup. Mau pasar mau mal mau hotel. Kemarin kan Pasar Harjodaksino juga sudah ditutup setelah satu pedagangnya positif, apalagi ada tambahan tiga pedagang lainnya. Makanya yang hotel ini juga kita tutup,” tegasnya. Prihatsari