JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ma’ruf Amin Minta Agar Pondok Pesantren Tidak Menjadi Klaster Baru

Wakil Presiden Ma'ruf Amin / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para pengurus pondok pesantren diingatkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin agar memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk lembaga pesantren ini kalau tidak disiapkan, bahaya. Datang anak, kemudian ada yang terpapar, itu bisa jadi klaster baru,” ujar Ma’ruf dikutip dari video yang diunggah di YouTube Sekretariat Wakil Presiden, Minggu (19/7/2020).

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

Ma’ruf meminta supaya ada pengaturan kamar yang baik di pondok.

“Di pesantren itu kan biasa dempet-dempetan, kamar yang mesti lima orang diisi oleh 15 orang. Memang begitu kan di pesantren, apa adanya,” ujar kiai sepuh ini.

Untuk itu, Ma’ruf meminta kamar di pesantren diatur walaupun tempatnya terbatas. Para santri yang mondok, kata Ma’ruf, juga harus diperiksa kesehatannya secara berkala.

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

Begitu pula dengan penyediaan alat kesehatan lainnya seperti masker dan tempat cuci tangan.

Pemerintah, kata Ma’ruf, telah mengalokasikan dana sebesar Rp 2,7 triliun untuk 21.000 pesantren dalam rangka antisipasi Covid-19 di lingkungan pendidikan tersebut.

“Kalau sudah disiapkan dengan baik, pesantren paling aman (dari Covid-19) sebab mereka dikarantina. Kemudian dikawal jangan sampai mereka keluar masuk. Pesantren lebih aman daripada sekolah biasa,” kata Ma’ruf.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com