JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pengiriman Hewan Kurban dari Wonogiri ke Jabodetabek Anjlok 50 Persen, Ini Penyebabnya

Pemeriksaan hewan kurban di Kecamatan Baturetno Wonogiri. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Beberapa pekan menjelang Idul Adha permintaan hewan kurban khususnya sapi dari Wonogiri ke Jabodetabek dan sekitarnya mengalami penurunan.

Penurunan tersebut bahkan mencapai sekitar 50 persen dibandingkan saat yang sama musim kurban tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri Sutardi mengungkapkan terjadi penurunan pengiriman hingga sebesar 50 persen.

Baca Juga :  Bedah Rumah Milik Bambang di Kamalan Kidul Giriwoyo Wonogiri, Merawat Gotong Royong di Tengah Pandemi

“Tahun lalu sebulan sebelum hari korban pengiriman hewan keluar daerah sudah ramai, tapi sampai minggu ini masih sepi,” ungkap dia, Rabu (15/7/2020).

Menurut dia, anjloknya pengiriman hewan kurban sebagai dampak pandemi COVID-19.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dislapernak Wonogiri Prapto Utomo membeberkan, di DKI Jakarta ada aturan selama pandemi ini pemotongan hewan kurban di masjid-masjid harus mengantongi izin dari dinas terkait.

Baca Juga :  Bondan Sejiwan Boma Aji Kembali Terpilih Menjadi Ketua DPD Golkar Wonogiri, Secara Aklamasi di Musda di Pendopo Joglo Puri Kamulyan Desa Sendang Wonogiri, Seperti Ini Pesan Petinggi Golkar Jateng

Kendati sepi, kata Prapto, Pemkab Wonogiri melalui Disnakperla tetap komitmen menyiapkan sapi dan kambing kurban yang sehat, berkualitas sesuai syariat Islam. Dinas belakangan menurunkan tim melaksanakan pemeriksaan hewan kurban ke sejumlah peternak maupun pedagang. Aria