JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Polres Karanganyar Gelar Operasi Patuh Candi 2020, Selain Razia Motor juga Penertiban Protokol Kesehatan

Jajaran personel Lantas Polres Karanganyar tengah mengikuti apel, Kamis (23/7/2020). Foto: Prabowo
Jajaran personel Lantas Polres Karanganyar tengah mengikuti apel, Kamis (23/7/2020). Foto: Prabowo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mulai Kamis (23/07/2020), Polres Karanganyar akan menggelar operasi ketertiban kendaraan atau yang disebut Operasi Patuh Candi hingga berakhir 5 Agustus.

Pada operasi kali ini, bentuk serta sasaran jauh berbeda dibandingkan operasi lalu lintas sebelumnya. Kali ini sasarannya selain operasi penertiban kendaraan juga operasi penertiban standar protokol kesehatan guna mencegah Covid 19. Selain itu operasi kali ini juga membidik sasaran potensi pelanggaran anggota di tiap Polsek dan Polres yang selama ini jarang terjaring.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengatakan operasi ini kali pertama terjadi di tengah pandemi maka polisi lebih fokus pada pembinaan jika terjadi pelanggaran, porsinya 80% . Selebihnya penindakan jika dirasa pelanggaran fatal.

Baca Juga :  Kisah Pilu Bertumpuk-Tumpuk Ketua RT di Desa Buran Karanganyar Yang Kecelakaan dan Positif Covid-19. Di Rumah Sakit Tak Boleh Ditunggui, Operasi Tunggu Statusnya Negatif, Kerabatnya di Rumah Malah Meninggal Dunia

“Operasi Patuh Candi kali ini sangat beda kharakter fokus dan sasarannya yakni lebih pada arah pembinaan dibandingkan penindakan” tegasnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di Mapolres Karanganyar, Kamis (23/07/2020).

Meski begitu lanjut Kapolres meminta masyarakat tetap menjaga ketertiban berkendara dan tidak menyepelekan aspek protokol kesehatan. “Walaupun porsi pembinaan operasi patuh ini 80% dibandingkan penindakan, tqpi jangan menyepelekan karena jika terlalu parah tetap ditindak” lanjutnya.

Baca Juga :  Resmi Dilaunching, Burung Derkuku Jadi Logo Baru Kesebelasan Persika Karanganyar. Bupati Berharap Jadi Momentum Kebangkitan, Siapkan Skuad Masuk ke Liga 3 PSSI

Kapolres menjelaskan ada tiga sasaran yaitu pelanggaran helm, melawan arus & kelengkapan kendaraan. Selanjutnya sasaran yaitu pelanggaran dominan di Polsek dan Polres  masing – masing serta penertiban protokol  kesehatan.

Diketahui sejak Pandemi Covid satu semester ini polisi relatif melonggarkan ketertiban berlalu lintas dengan banyak aspek pertimbangan dampak akibat Covid.

Bahkan selama Covid 19 polisi jarang lakukan razia lalu-lintas, kini setelah Covid 19 mereda polisi akan kembali lakukan operasi lalu-lintas meski sifatnya lebih soft lunak yakni pembinaan.(Beni Indra)