JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Produk Gula Semut Organik Purbalingga Tembus Pasar Eropa

Ilustrasi gula semut. Istimewa

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Produk industri kreatif dari Kabupaten Purbalingga berkibar di kancah benua Eropa. Produk tersebut yakni gula semut organik asal Bumi Perwira semakin berkibar di pasar Eropa. Bahan pangan produksi para penderes dari Purbalingga tersebut. Bahkan, kini telah diekspor ke Yunani yang dikenal Negeri Para Dewa.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, mengungkapkan, industri kreatif para pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) terus dipacu. Salah satunya sektor usaha budidaya gula semut organic.

Baca Juga :  Nekat Ngeyel, Pentas Kasidah di Acara Sunatan Warga Kayen Dibubarkan Polisi

“Alhamdulilah, gula semut produk Purbalingga berhasil menembus pasar Eropa dan terbaru sudah sampai ke Yunani. Ini adalah angin segar ditengah perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar bupati yang akrab disapa Tiwi, belum lama ini seperti keterangan resmi yang diterima Jumat (10/7/2020).

Bupati Tiwi lebih detail menyebutkan,pada akhir Juni lalu, sebanyak 13 ton gula semut organik hasil produksi petani yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sumber Rejeki dari Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar telah diekspor ke Yunani. Produk lokal tersebut dihargai lebih tinggi Rp5.000 per kilogramnya daripada harga di pasar lokal.

Advertisement
Baca Juga :  Rekening 35 Nasabah BRI di Jateng Dibobol Pakai Skimming Sampai Rp 202 Juta, Pelakunya 2 Orang. Kombes Iqbal Dalangnya Warga Asal Turki!

Bupati Tiwi pun menekankan akan terus mendukung potensi unggulan Kabupaten Purbalingga ini untuk semakin berkembang. Dirinya meminta Dinas Pertanian bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan kualitas gula semut dan memperluas pasarannya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua