JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

PSSI Rilis Jersey Away Timnas Indonesia, Warna Hijau Putih Tampilkan Corak Khas Keindonesiaan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membubuhkan tanda tangan ke jersey away Timnas Indonesia. Foto: pssi.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja memperkenalkan tampilan jersey pertandingan tandang Tim Nasional Indonesia.

Kostum yang didominasi warna putih dengan aksen dan bawahan hijau itu disebut menampilkan corak khas Indonesia. Diharapkan kostum baru itu akan membawa Timnas lebih percaya diri.

“Harapan publik pada prestasi sepak bola kita sangat besar. Saya yakin, jersey baru akan membuat timnas kita lebih percaya diri,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat menghadiri peluncuran jersey away Timnas di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Seragam baru Skuad Garuda untuk pertandingan lawatan ke kandang lawan itu merupakan hasil kerja sama PSSI dengan Mills, sebagai ofisial apparel Timnas Indonesia.

Baca Juga :  Tuntaskan Dendam, Kevin/Marcus Akhirnya Juara Indonesia Open 2021. Greysia/Apriyani Takluk dari Ganda Putri Jepang

Terkait makna desain jersey away tersebut, Ketua Eksekutif Mills, Tjiao Kong Hou, memaparkan bahwa desain kostum mengadopsi karakter bangsa sebagai rujukan.

“Jersey ini menggambarkan karakter bangsa kita yang bekerja keras dan tidak mudah kalah dalam hal apapun termasuk di lapangan hijau,” ujar Tjiao saat dihubungi Tempo.co.

Dalam kostum Timnas ini memuat dominasi kultur Indonesia. Terdapat gambar kepulauan Indonesia pada warna hijau yang terdapat di sisi depan kostum.

“Di jersey away Timnas terdapat corak kepulauan Indonesia. Ada corak hijau menggambarkan suburnya tanah Indonesia dan ada bentangan garis khatulistiwa,” kata dia.

Baca Juga :  Viral, Tak Takut Masuk Angin, Pebalap WSBK Ini Main Hujan-hujanan Sambil Keramas dengan Sabun Cuci Piring di Sirkuit Mandalika

Saat ini dua skuad nasional Indonesia, yakni Timnas Senior dan Timnas U-19, sedang bersiap untuk melakukan pemusatan latihan di Jakarta di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Timnas U-19 akan bertarung di Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Sementara Timnas senior akan menjalani partai lanjutan Pra Piala Dunia 2022 dan Piala AFF.

Adapun akhir tahun ini, Timnas U-16 akan tampil sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala AFC U-16 di Bahrain.