JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Bangkai Tikus Penuhi Jalan-jalan di Desa Pengkok Sragen. Hasil Gropyokan 3 Jam Ratusan Warga dan Bupati, Tebusan Rp 1.000 Per Ekor Jadi Penyemangat

Seorang warga Desa Pengkok, Kedawung saat mengumpulkan ribuan bangkai tikus hasil gropyokan serentak, Jumat (24/7/2020). Foto/Wardoyo
Seorang warga Desa Pengkok, Kedawung saat mengumpulkan ribuan bangkai tikus hasil gropyokan serentak, Jumat (24/7/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan petani dan warga Desa Pengkok, Kecamatan Kedawung, Sragen kembali turun ke sawah menggelar gropyokan tikus, Jumat (24/7/2020) pagi.

Tak kurang dari 750 warga dan petani di tiga kebayanan, beramai-ramai membongkar pematang, mencari sarang-sarang tikus dan membantai ekor demi ekor hewan pengerat itu.

Giat gropyokan massal itu juga dihadiri Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Muspika setempat.

Kegiatan digelar sejak pukul 06.00 WIB.  Warga dari berbagai dukuh serempak bergerak memburu tikus di areal persawahan setempat.

Advertisement
Baca Juga :  Sopir Bus AKAP Menjerit, Organda Sragen Desak Pertamina Penuhi Stok BBM Solar. Ketua: Solar Langka, Ekonomi Bisa Lumpuh!

Kades Pengkok, Sugimin Cokro mengatakan dari giat tadi pagi, total ada sekitar 5.755 ekor tikus yang berhasil ditangkap. Tak hanya indukan, anak-anak tikus pun tak luput diberantas.

Bupati Sragen saat ikut gropyokan bersama petani di Pengkok, Kedawung. Foto/Wardoyo

Selanjutnya, semua bangkai tikus dikumpulkan dan didata jumlah serta hasil tangkapan masing-masing petani. Sebab hasil tangkapan itu akan diganti dengan subsidi sebesar Rp 1.000 per ekor.

“Dari jam 06.00 WIB sampai sekitar jam 09.30 WIB, total dapat 5.755 ekor tikus dari tiga titik yang dikoordinir oleh masing-masing Kadus dan PPL. Kebetulan tadi pagi juga hadir Bu Bupati yang ikut gropyokan bersama warga,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga :  Sragen Hari Ini Hanya Tambah 1 Kasus Positif, Satu Diisolasi di Technopark, 848. 641 Warga Sudah Tervaksin

Ia menguraikan sama seperti pekan sebelumnya, setiap ekor tikus yang dibasmi, akan diganti dengan uang sebesar Rp Rp 1.000 dari PAD desa.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua