JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tak Ada Pemberangkatan, Pemkot Tarik Dana 5 Tim Pendamping Haji

Ilustrasi kabah. Foto: pixabay.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkot Solo menarik dana lima tim pendamping haji daerah (TPHD) karena batal berangkat. Dana tersebut kembali masuk kas anggaran dan akan digunakan untuk kepentingan lain.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Solo, Kinkin Sultanul Hakim, jumlah dana yang ditarik dari lima TPHD tersebut yaitu Rp 375 juta.

“Terdiri dari biaya haji tiga orang TPHD pelayanan umum, satu TPHD bimbingan ibadah, serta satu Tim Kesehatan Haji Daerah. Lima kursi haji tersebut masuk anggaran rutin setiap musim haji,” ujarnya, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga :  Caleg PDIP Yang Terancam Tidak Dilantik Di Solo Raya Buka Suara, Akan Bawa Ke Upaya Hukum Jika Tetap Tidak Dilantik

Namun demikian, Kinkin menyebutkan anggaran yang sama dipastikan telah dimasukkan dalam pos tahun 2021 mendatang. Sedangkan untuk pemanfaatan anggaran yang masuk kembali tersebut dibahas dalam APBD Perubahan.

“Mungkin akan dialihkan untuk peningkatan sektor ekonomi dan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Makin Mudah, Ini Besaran dan Caranya

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kota Solo, Danang Sulindriyanto menyebutkan, rencana sebelumnya seluruh calon jamaah haji dari Kota Solo akan masuk dalam kelompok terbang 48, 49 dan 50.

“Total jemaah yang seharusnya berangkat sebanyak 510 jemaah. Seluruh CJH tersebut akhirnya batal berangkat setelah Kementerian Agama memutuskan tidak memberangkatkan ibadah haji tahun ini karena pandemi,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com