JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Jadi PTS Peraih Dana Hibah Kemendikbud Terbanyak di Indonesia untuk Program Karya Mahasiswa (PKM)

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto : dok UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lagi-lagi prestasi membanggakan ditorehkan para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kali ini mereka berhasil membuktikkan dirinya dikancah nasional  melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemendikbud.

Karya mahasiswa UMS yang mendapatkan dana hibah riset dari Kementerian Pendidikan jumlahnya ada 15 PKM-KT. Jumlah tersebut sekaligus membuktikan bahwa karya mahasiswa UMS sangat mumpuni di tingkat nasional dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta nasional yang lain. UMS menyandang predikat sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia yang paling banyak yang menerima hibah dari Kemendikbud.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMS, Taufik Kasturi, P.h.D mengatakan, ada lima belas PKM KT dari UMS yang berhasil mendapat dana hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).Dengan jumlah tersebut, UMS menempatkan posisi sebagai Perguruan Tinggi peringkat ke-4 PTN-PTS se-Indonesia, sekaligus sebagai Perguruan Tinggi Swasta peraih insentif PKM-KT  paling banyak se-Indonesia.

Para penerima dana hibah Kemendikbud itu diumumkan pada Jumat (24/7/2020) melalui websitehttps://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman-insentif-pkm-kt-gfk-tahun-2020/.

Berikut ini urutan 10 besar perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang hail PKM nya menerima dana hibah dari Kemendikbud, yakni UGM, IPB, UNESA, UMS, UNIBRAW, UPI, UNHAS, UNM, UI, UNSOED.

Koordinator tim pusat PKM UMS, Ir. Ahmad Kholid Alghofari, ST, MT menjelaskan, PKM Karya Tulis merupakan salah satu skema Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemendikbud yang terdiri dari 3 jenis, yaitu PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT),dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).

PKM yang didanai dari UMS semuanya merupakan PKM AI. Dalam rangka pelaksanaan PKM-KT, UMS melakukan penyaringan yang ketat untuk proses seleksi proposal yang diajukan/upload ke Kemendikbud. Awalnya ada 402 judul proposal yang masuk keuniversitas, selanjutnya diseleksi dan hanya terpilih 161 proposal yang lolos seleksi universitas.

“Alhamdulillah dari proposal yang diajukan tersebut yang lolos didanai sebanyak 15 judul. Dan ini merupakan pencapaian terbaik dalam lima tahun terakhir PKM-KT.Semoga ke 15 tim tersebut bisa mendulang emas di Pimnas mendatang,” tukasnya, Senin (27/7/2020). Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com