JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Akhiri Pemusatan Latihan, PSSI Bubarkan Timnas Senior Indonesia, Pemain Dikembalikan ke Klub

Tim sepakbola nasional Indonesia menjalani latihan dalam TC di Jakarta. Foto: pssi.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih untuk mengakhiri pemusatan latihan (TC) dan membubarkan Timnas sepakbola senior Indonesia, Sabtu (15/8/2020).

Langkah tersebut diambil menyusul ditundanya laga lanjutan untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020, akibat situasi pandemi Covid-19. Dengan penundaan itu, praktis Timnas senior Indonesia tidak ada jadwal pertandingan hingga akhir tahun 2020.

Karena alasan tidak ada agenda pertandingan dalam waktu dekat itulah, PSSI memutuskan mengakhiri pemusatan latihan Timnas senior lebih cepat dan memulangkan para pemain ke klub masing-masing.

Selain itu, pertandingan kompetisi Liga 1 musim 2020 juga akan segera kembali digulirkan.

Baca Juga :  Tak Dapat Izin Polri, PSSI Hormati Keputusan: Berharap Kompetisi Liga 1 Ditunda Satu Bulan, Klub Diminta Sabar dan Tak Patah Semangat

“Untuk timnas senior hari ini PSSI mengembalikan mereka ke klub masing-masing karena bulan Oktober kompetisi Liga 1 2020 kembali bergulir lagi.”

“Saya berterima kasih kepada pemain yang sudah berlatih dengan tekun,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Sementara itu, Timnas U-19 akan tetap melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta dengan dipimpin pelatih Shin Tae-yong karena agenda Piala AFC U-19 yang rencananya akan digelar di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober mendatang belum mengalami perubahan.

Dalam kejuaraan itu, Skuad Garuda Muda akan berada di Grup A bersama dengan tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Baca Juga :  Indonesia Dinilai Tak Aman karena Pandemi Covid-19, Timnas U-16 Pilih Jalani Pemusatan Latihan di Luar Negeri

Iriawan menjelaskan, saat ini PSSI terus mempersiapkan skuad Timnas U-19 yang akan menjalani TC ke luar negeri. PSSI terus melakukan upaya terbaik dan memberikan dukungan penuh terhadap program latihan yang disiapkan pelatih Shin Tae-yong.

“TC Timnas U-19 akan terus berjalan hingga berangkat ke luar negeri (Eropa/Korea Selatan). Kami harap Timnas U-19 dapat memberikan yang terbaik nanti saat berlaga di Piala AFC U-19 di Uzbekistan nanti,” tukas Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI.