JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bukan Gibah Bu Tejo Ini Pendaftaran Bantuan Stimulan UKM Ditutup Jumat 28 Agustus Lho

Wakil Bupati Edy Santosa melihat hasil karya UMKM yang dipajang di RKB.
Wakil Bupati Edy Santosa melihat hasil karya UMKM yang dipajang di RKB.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Para pelaku usaha mikro yang akan mengadu untung mendapatkan program bantuan stimulan untuk pelaku usaha mikro (BPUM) diminta segera mendaftar. Pasalnya program dari Kementrian Koperasi dan UKM bakal ditutup pekan ini.

Sementara jumlah pelaku UKM di Wonogiri yang mendaftarkan bantuan hingga saat ini mencapai ribuan orang.

“Rencananya besok Jumat (28/8) tepat pukul 11.00 WIB, pendaftaran program BPUM akan kita tutup,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri Wahyu Widayati, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Hingga Selasa (25/8) sore, jelas dia, data yang sudah disetor ke Kementerian KUKM ada 7.575 pelaku usaha mikro (PUM) di Wonogiri.

Pendaftaran program BPUMitu dimulai sejak 14 Agustus lalu. Pendaftaran melalui online atau link yang telah disediakan di tiap-tiap kecamatan.

Persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar diantaranya, pelaku UMKM, usahanya aktif, produktif dan berdiri sejak sebelum ada pandemi COVID-19 dan calon penerima tidak memiliki pinjaman di bank. Serta saldo bank harus kurang dari Rp 2 juta per Juni 2020.

Baca Juga :  Sebenarnya Kapan to Wonogiri Mau Melaksanakan Sekolah Offline Alias Tatap Muka? Kalau Jawaban Bupati Jekek sih Seperti ini

Wahyu mengatakan, pendaftaran BPUM itu dibuka sebanyak lima tahap. Perinciannya, tahap pertama dibuka (14/8), PUM yang mendaftar tercatat sebanyak 870 PUM. Tahap kedua (18/8) dengan jumlah pendaftar sekitar 1.276. Kemudian tahap ketiga (19/8) jumlah pendaftar sebanyak 1.767. Tahap empat (24/8), jumlah pendaftar ada 2.178, lalu tahap kelima (25/8) sebanyak1.484 PUM. Aria