JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Delegasi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Delegasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) berhasil melangkah ke tingkat nasional. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Delegasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) berhasil melangkah ke tingkat nasional. Mereka yaitu Rizal Galih Pradana mahasiswa Psikologi 2018, Nurul Aida Fitriani mahasiswa Ilmu Hukum 2018 dan Farah Yuki Prasetyawati mahasiswa Pendidikan Fisika 2018.

Hal tersebut diumumkan pada 16 Agustus 2020 melalui surat pengumuman Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sebelum melaju ke tingkat nasional, delegasi UNS terlebih dahulu harus berebut tiket menuju nasional yang mana pada setiap wilayah hanya akan dipilih dua wakil perguruan tinggi saja.

Wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VI yang mencakup Jawa Tengah akan diwakili oleh UNS dan Universitas Diponegoro (Undip). Tahapan seleksi yang telah mereka lewati berupa portofolio serta video debat dengan materi argumen terhadap mosi yang telah ditentukan.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

“Kompetisinya menggunakan video, jadi mosinya dirilis di Medsos puspresnas. Dari mosi tersebut, kami membuat argumentasi oposisi lalu kami buat video yang diupload ke Youtube kemudian dikirim ke panitia. Ada durasi waktunya juga saat take video hingga upload, dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB,” jelas Nurul Aida, dalam rilis, Jumat (28/8/2020).

Nurul Aida atau yang kerap disapa Aida mengaku merasa senang dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam pelaksanaan seleksi tingkat wilayah.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

“Kami sangat senang, terima kasih untuk para pelatih serta kampus yang memudahkan kami dalam latihan serta membuat video. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk kampus tercinta,” ungkapnya.

Pada tingkat nasional, delegasi UNS akan berlaga bersama 29 perguruan tinggi lainnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dalam menghadapi KDMI Nasional, Aida dan tim akan mempersiapkan diri sebaik mungkin karena kompetisi ini akan berlangsung tidak lama lagi.

“Persiapan maju ke nasional tentu harus menyiapkan mental, harus merasa kita cakap dan kita bisa. Selain itu kami akan memaksimalkan latihan, semoga melalui latihan yang intensif mampu meningkatkan kemampuan kami,” jelasnya. Prihatsari