JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Hindari Plastik, Warga Secang Magelang Gunakan Besek Bambu untuk Wadah Daging Kurban

Pengurus LAzisNU Secang mengemas daging hewan kurban dengan besek. Istimewa
ย ย ย 

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ada yang unik dalam pembagian hewan kurban di Secang, Kabupaten Magelang. Hal itu nampak pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H pada Jumat 31 Juli 2020, kemarin di Kecamatan Secang. LazisNU Kecamatan Secang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Saat tahap pengemasan daging hewan kurban, perhatian tertuju pada โ€œbesekโ€. Besek sebagai alternatif pengganti plastik agar lebih ramah lingkungan dan mudah terurai ketika menjadi sampah nanti.

Sedangkan untuk tali pengikatnya menggunakan potongan gedebog batang pisang. Tali tersebut juga meminimalisir penggunaan tali rafia yang terbuat dari plastik yang sulit terurai setelah menjadi sampah. โ€œBesekโ€ merupakan keranjang kecil yang terbentuk dari anyaman bambu.

Sebagai wadah untuk daging yang diberikan kepada warga, besek bambu tersebut dilapisi dengan daun pisang pada bagian bawah.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Hal itu selaras dengan konsep โ€œGo Greenโ€ yang terus dikampanyekan oleh seluruh komunitas pecinta lingkungan. Pasalnya, mengurangi volume sampah plastik menjadi hal yang penting dalam upaya menjaga lingkungan.

“Konsep “Go Green” ini dipilih sebagai sebuah tema bahwa NU yang selama ini identik dengan warna hijau berniat untuk menghijaukan bumi ini,” kata Aulia Husna salah seorang panitia Kurban LazisNU Secang.

Ia menjelaskan lebih detail, perayaan Idul Adha tahun ini LazisNU Secang menyalurkan 1 ekor sapi Limousin dan 3 ekor kambing ke Dusun Soglengan, Desa Donomulyo, Kecamatan Secang dan beberapa daerah sekitarnya yang jarang mendapatkan daging kurban.

Untuk penyembelihan dilaksanakan di dusun Soglengan dan daging kurban kemudian didistribusikan ke daerah yang terdata tidak ada yang menyembelih kurban di wilayah Kecamatan Secang.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Sapi kurban yang disalurkan LazisNU Secang merupakan kurban dari keluarga Satrio Wibowo warga Kota Magelang, sedangkan kambing merupakan kurban dari warga Secang yang mempunyai keinginan yang sama untuk memberi manfaat lebih banyak kepada masyarakat yang jarang mendapatkan daging kurban.

Sematara itu, Ketua LazisNU Secang KH Fatkhul Aziz, berharap tidak hanya pembagian daging kurban tetapi ke depan akan lebih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dengan keberadaan LazisNU UPZIS MWC Secang.

“Ke depan diharapkan lebih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari keberadaan lazisnu UPZIS MWC Secang, dengan berbagai macam program yang langsung menyentuh ke warga masyarakat”, harap KH Fatkhul Aziz. Lusi | Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com