JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Baik, Hampir 40.000 Pekerja Bergaji di Bawah Rp 5 Juta Diusulkan Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta ke Pusat!

Kadisperindagkop Martadi. Foto/Beni
Kadisperindagkop Martadi. Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 39.310 orang atau hampir 40.000 orang pekerja di Kabupaten Karanganyar yang gajinya dibawah Rp 5 juta per bulan bisa nyicil ayem.

Pasalnya mereka diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Alokasi jumlah bantuan sebesar Rp 2, 4 juta alias Rp 600.000 setiap bulan selama empat bulan.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi (Disdagnakerkop & UMKM) Karanganyar, Martadi mengatakan per minggu ini jumlah pekerja yang terjaring mendapat bantuan ketenagakerjaan sebanyak 39.310 ribu orang.

Baca Juga :  100 Lebih Warga Karanganyar Dilaporkan Pindah Keyakinan Peluk Agama Islam. Ketua Islamic Center Berharap Tetap Istiqomah

Dimungkinkan jumlah itu bisa bertambah diatas 40.000 orang bahkan mungkin bisa lebih diatas 50.000 orang karena proses penjaringan terus berjalan.

“Ini data terbaru potensi jumlah pekerja yang akan mendapat bantuan dari negara melalui pos BPJS,” ujarnya Selasa (18/8/2020).

Meski begitu, Martadi menyebut dari jumlah tersebut masih akan dilakukan verifikasi oleh BPJS guna menentukan apakah sesuai syarat administrasi atau tidak.

Terutama syarat layak kategori berhak mendapatkan bantuan atau tidak, agar tidak salah sasaran.

Baca Juga :  Awas, Tim Penindakan Terbentuk, Warga Karanganyar Tak Boleh Lagi Sepelekan Prokes. Nekat Gelar Acara Kerumunan, Bupati Sebut Bisa Dibubarkan Paksa!

Adapun soal batas waktunya pendataan wewenang BPJS , namun yang pasti pencairan bantuan tersebut dimulai 1 September.

Saat ini para pekerja yang akan menerima bantuan sudah diperintahkan membuat rekening tabungan guna menerima pencairan tersebut.

Untuk itu lanjut Martadi pihaknya menunggu hasil final verifikasi tersebut.

“Masih ada waktu 10 hari nanti kita lihat up date nya jumlah pekerja yang lolos” tandasnya. Beni Indra