JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Semarak HUT RI ke-75, Daop 6 Yogyakarta Tambah Lagi KA Jarak Jauh

Ilustrasi penumpang KA saat new normal. Pixabay/Ketut Subiyanto

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menyambut Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020, PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta selain menambah operasional perjalanan KA, juga membagikan hadiah menarik bagi pelanggan KA. PT KAI Daops VI jug mengadakan kampanye gerakan disiplin memakai masker pada saat yang sama.

Manager Humas PT KAI Daops VI, Eko Budiyanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengapresiasi minat penumpang untuk tetap memilih moda transportasi kereta api serta memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa melakukan perjalanan dengan kereta api aman, nyaman, dan tenang sesuai dengan protokol kesehatan yang diterapkan.

“Kegiatan bagi – bagi hadiah 17 Voucher KA Eksekutif, 75 Souvenir, dan 1945 Masker Kepada Penumpang KA ini salah satunya untuk memeriahkan HUT RI ke 75 sekaligus sosialisasi terkait gerakan disiplin memakai masker,” paparnya, Senin (17/8/2020).

Baca Juga :  Aksi Unjuk Rasa Tanpa Izin, 1 Orang Pembawa Palu Jadi Tersangka dan Ditahan di Mapolres Solo

Voucher dan hadiah menarik diberikan kepada penumpang KA Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, dan KA Lodaya yang melakukan perjalanan pada hari Senin 17 Agustus 2020 di Stasiun Yogyakarta.

“Selain itu, dalam rangka libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan menjelang libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus, KAI juga menambah perjalanan KA Jarak Jauh serta memperpanjang rangkaian kereta pada beberapa perjalanan KA,” imbuh Eko.

Penambahan tersebut bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini. Di wilayah Daop 6 Yogyakarta sendiri sudah ada beberapa perjalanan KA Reguler yang operasional baik setiap hari maupun pada tanggal tertentu. L

“Masyarakat dihimbau dapat memantau ketersediaan tiket maupun kereta sesuai relasi yang diinginkannya terlebih dahulu melalui aplikasi KAI Access, Web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” papar Eko.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

Di sisi lain, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan, seperti mensyaratkan surat keterangan bebas xovid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh dibawah 37,3, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, pilek dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face shield yang telah disediakan secara gratis oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, Face Shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia dibawah 3 tahun (infant) agar membawa Face Shield pribadi. Prihatsari