JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Gembira, Besok Gaji 13 Untuk 8.627 PNS Karanganyar Bakal Cair. Total Sedot Rp 38,9 Miliar, Langsung Ditransfer Rekening

Kurniadi Maulato. Foto/JSnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar gembira tentang gaji ke-13 untuk sebanyak sebanyak 8.627 orang PNS di Kabupaten Karanganyar akhirnya sampai juga.

Perjalanan dana gaji 13 PNS Karanganyar sebesar Rp 38.9 miliar sudah tertransfer di Bank Jateng Rabu (19/08/2020) siang sekitar pukul 10.00 WIB. Selanjutnya tinggal tahap teknis realisasi berupa pencairan ke rekening masing-masing PNS di Kota Intanpari ini.

Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar, Kurniadi Maulato mengatakan sebenarnya kalau prosesnya cepat diperkirakan hari ini Rabu (19/08/2020) sudah bisa cair langsung ke rekening masing-masing PNS.

Baca Juga :  Kabar Baik, Digelontor Rp 190 Juta, Pujasera Karanganyar Bakal Disulap Jadi Taman Kuliner Semi Food Court Ala Kota-Kota. Sayangnya Papan Nama Proyeknya Tak Tahu Entah di Mana?

“Kalaupun belum bisa cair hari ini, mungkin besok Kamis (20/08/2020) dipastikan cair” tandasnya saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (19/08/2020).

Dijelaskan oleh Kurniadi, hasil verifikasi update jumlah PNS Kabupaten Karanganyar yang menerima gaji 13 tidak sampai sebanyak 9.000 orang melainkan hanya 8.627 orang saja berdasar data kepegawaian.

Pun dengan begitu lanjutnya alokasi anggaran gaji 13 pun tidak sampai sebanyak Rp 43 miliar seperti asumsi awal.

Adapun komponen gaji 13 tersebut meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan PPH.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Gudang Kayu di Tasikmadu Karanganyar. Tumpukan Material Kayu Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

“Kami bekerja cepat agar gaji 13 ini cair juga secepatnya untuk dinikmati para PNS,” ungkapnya.

Menurutnya, teknis pemrosesan gaji 13 ini cepat karena pembuatan Peraturan Bupati Perbub sebagai dasar payung hukum juga cepat alias sinergi dan tidak banyak revisi sehingga teknis lainnya juga mengikuti cepat.

Selanjurnya diikuti pengajuan anggaran gaji 13 dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah OPD juga bergerak cepat.

“Setelah revisi cermat maka anggaran dari pusat langsung meluncur di Bank Jateng,” tambahnya. Beni Indra