JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KKN Unisri Gelar Sosialisasi Cegah Berita Hoax

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pademi covid-19 berdampak pada perilaku masyarakat dalam bertransaksi dari konvensional beralih ke e-commerce.

Maka mau tak mau para pelaku usaha pun harus menyesuaikan diri, termasuk UMKM.

Berpijak dari fakta tersebut, peserta KKN Unisri Grup 5 di Dusun Ngabeyan, Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, mengadakan sosialisasi agar UMKM tetap bertahan di masa pandemi dengan beralih ke E-Commorce, Sabtu (8/8/2020).

Grup 5 terdiri dari Windari Meutia, mahasiswi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr.Shinta Rukmi B.,SH.M.Hum.

Baca Juga :  Terhasut Ajakan 'Hitamkan Solo' 6 Remaja Anggota PSHT Asal Ngawi dan Karanganyar Diamankan di Kawasan Manahan

Sementara itu anggota Grup 5 yang lain, Erlin Sinanda Puspitasari, Minggu (9/8/2020) mengadakan sosialisasi pentingnya laporan keuangan bagi UMKM dan menjelaskan cara membuat pembukuan sederhana.

“Kegiatan sosialisasi dengan mengunjungi beberapa pelaku UMKM yang berada di Kampung Krebet, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo,” ungkapnya.

Sosialisasi ini dilakukan agar pelaku UMKM khususnya di Kampung Krebet dapat memahami pentingnya laporan keuangan serta bagaimana cara membuat pembukuan sederhana bagi usahanya.

Di tempat lain di desa Kedawung, Sragen salah satu peserta KKN Grup 5, Corolina Heranari melakukan Sosialisasi Cegah Berita Hoax Tentang covid 19 menggunakan zoom.

Baca Juga :  Jurnalis Joglosemarnews Juara 2 Lomba Artikel Jurnalistik Kemdikbud 2020

“Sosialisasi ini perlu dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya cegah penyebaran berita hoax melalui media sosial,” paparnya.

Bertebarannya berita hoax yang akhir-akhir ini dengan memanfaatkan wabah Corona Virus makin meningkat.

“Angka ini akan terus melonjak jika tidak adanya kesadaran masyarakat untuk menyaring dan mencegah barita Hoax, ” tandasnya, sebagaimana dikutip dalam rilis ke JOGLOSEMARNEWS.COM .

Ketiga kegiatan mahasisws KKN Grup 5 ini mendapat apresiasi dan sambutan antusias dari masyarakat. suhamdani