JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pabrik Bantal di Ngrampal Sragen Terbakar Hebat. Dua Ton Bahan Ludes, Mesin-Mesin Hangus, Karyawan Panik dan Berhamburan Menyelamatkan Diri

Tim gabungan damkar, BPBD dan PMI Sragen saat memadamkan api yang membakar pabrik bantal di Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, Selasa (25/8/2020). Foto/Wardoyo
Tim gabungan damkar, BPBD dan PMI Sragen saat memadamkan api yang membakar pabrik bantal di Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, Selasa (25/8/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah produksi atau pabrik bantal skala menengah di Dukuh Macanmati, RT 11 Klandungan, Ngrampal, Sragen, Selasa (25/8/2020) petang.

Api menghanguskan tempat produksi dan gudang bahan baku di pabrik milik Gunarto (40) warga setempat itu hingga ludes.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun kebakaran sempat memicu kepanikan karyawan yang saat kejadian tengah bekerja.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi pukul 15.45 WIB. Saat kejadian, sedang ada lima karyawan yang bekerja di tempat produksi.

Saat karyawan bekerja, mendadak mereka dikejutkan dengan percikan api dari salah satu mesin. Percikan itu kemudian berubah jadi kobaran api hebat.

Baca Juga :  Kades Trombol Mondokan Sragen dan 5 Saudaranya Positif Corona, Pelayanan Kantor Desa Tidak Ditutup. Pemkab Pastikan Semua Perangkat Tidak Tertular

Para karyawan itu langsung berteriak minta tolong dan berhamburan menyelamatkan diri. Sementara api dengan cepat membakar bahan-bahan kain dan busa di sekitar yang mudah terbakar.

Walhasil, kobaran api makin merajalela. Warga langsung berhamburan membantu pemadaman. Namun kuatnya kobaran api membuat upaya mereka sia-sia.

Tak lama kemudian tiga mobil pemadam kebakaran dari Damkar Sragen tiba di lokasi untuk memadamkan api. Setelah berjibaku hampir dua jam, api baru bisa dijinakkan pukul 16.45 WIB.

Namun kondisi pabrik sudah ludes dan mesin-mesin hangus terbakar. Kemudian ada dua ton bahan baku di gudang yang juga amblas dilalap api.

Baca Juga :  Sragen Berduka, Ustadz Muda Habib MA Pimpinan Ponpes El Nusa Shobo Guno Meninggal Dunia Positif Terpapar Covid-19. Pemakaman di Ponpes, Tetap Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta. Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Harno mengatakan dugaan sementara api berasal dari mesin di salah satu pabrik.

“Saat ini masih dalam penyelidikan. Tapi tidak ada korban jiwa,” paparnya.

Wakil Ketua PMI Sragen, Soewarno menyampaikan PMI langsung menerjunkan tim ke lokasi untuk melakukan respon untuk assesment dan backup medis dengan petugas memakai APD level 1 sesuai protokol kesehatan.

“Tidak ada korban jiwa. Lima karyawan berhasil menyelamatkan diri saat api berkobar. Pemilik pabrik juga berusaha tegar,” timpal salah satu relawan PMI, Nikko Armando Reza usai membantu evakuasi. Wardoyo