JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dukung Giring Eks Vokalis Nidji Maju Pilpres 2024, PSI: Calon Pemimpin Jangan Muncul saat Mendekati Pemilu

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha. Foto: Instagram/ giring

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan dukungan penuh terhadap langkah salah satu kadernya, yang juga pelaksana tugas ketua umum partai, Giring Ganesha, untuk maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Kendati banyak pihak yang menilai pencalonan eks vokalis band Nidji itu terlalu cepat karena pemilu yang masih empat tahun lagi, namun menurut PSI, hal itu merupakan bentuk pendidikan politik.

“Deklarasi pencapresan Bro Giring Ganesha dilakukan jauh-jauh hari sebagai bentuk pendidikan politik supaya calon-calon pemimpin negara ini tidak muncul mendekati Pemilu,” ujar Koordinator Juru Bicara PSI, Dara Nasution, Selasa (25/8/2020).

Lebih dari itu, Dara mengatakan jika sosok Giring memang memiliki kelayakan untuk maju sebagai calon presiden. Hal ini, tegas Dara, terlepas dari jabatan Plt Ketua Umum PSI yang diemban Giring selama menggantikan Grace Natalie yang cuti untuk mengikuti perkuliahan S2 dari salah satu universitas di Singapura.

Baca Juga :  Kasus Temuan Mayat Termutilasi di Kalibata City: Pelaku Ditangkap, Motif dan Kronologi Pun Terungkap. Pelaku adalah Pasangan Kekasih yang Incar Harta Korban

Dara mengatakan, dengan langkah seperti ini, PSI berharap para calon pemimpin dapat lebih cepat bergerak untuk menunjukkan niatnya maju di Pilpres 2024. “Kami juga ingin mengajak calon-calon pemimpin bangsa lainnya untuk segera menyampaikan niat baik kepada publik,” kata Dara.

Giring sebelumnya mengatakan pencalonan tersebut berangkat dari keinginannya untuk melibatkan diri dalam politik nasional dan ikut menentukan arah masa depan Indonesia.

Sebelum ramai pendeklarasian dirinya sebagai calon presiden, baliho bergambar Giring dengan tulisan ‘Giring untuk Presiden 2024’ sudah tersebar di sejumlah titik di Jakarta maupun di daerah, seperti Riau dan Solo.

Baca Juga :  Menyusul Ketuanya, Anggota KPU Ini Menyatakan Dirinya Positif Covid-19

Giring mengatakan, terjun ke politik dan mencalonkan diri menjadi presiden adalah fase pergulatan hidup menjadi bagian Indonesia. Ia juga menyebut pilihan ini melawan arus.

“Jalan yang saya tempuh ini tidak akan pernah mudah. Pada saat orang tidak suka, sinis, atau pesimis terhadap politik saya justru terjun,” ujar Giring dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, PSI juga menyatakan mendukung langkah Giring mencalonkan diri sebagai presiden 2024. Mereka menyatakan internal partai tak ada yang mempermasalahkan langkah Giring.

“Dukungan internal partai sangat solid terhadap pencalonan Bro Giring Ganesha sebagai calon presiden,” ujar Dara Nasution.

“PSI melihat bro Giring Ganesha memiliki kompetensi dan integritas sebagai politisi. Beliau juga mewakili wajah anak muda yang kreatif,” tambahnya.

www.tempo.co