JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Pemeran Bu Tejo Mengaku Terharu, Film Pendek Tilik yang Viral Sudah Ditonton Lebih dari 5 Juta Kali di YouTube

Tangkapan layar salah satu adegan dalam film pendek berjudul "Tilik" yang viral di YouTube. Foto: YouTube/ Ravacana Films

JOGLOSEMARNEWS.COM Film pendek berjudul “Tilik” menjadi perbincangan di jagad maya selama beberapa hari terakhir. Film yang diproduksi tahun 2018 itu kembali viral setelah diunggah di YouTube pada 17 Agustus lalu.

Setelah empat hari tayang, hingga Sabtu (22/8/2020), film produksi Ravacana Films itu telah ditonton sebanyak 5,1 juta kali. Pencapaian itu pun membuat pemeran Bu Tejo, Siti Fauziah Saekhoni, mengaku terharu.

Atas pencapaian ini, pemeran Bu Tejo, yakni Siti Fauziah Saekhoni, mengaku terharu. Ia pun menunjukkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas dukungan yang diberikan terhadap dirinya dan juga film Tilik itu melalui akun Instagram pribadinya.

“Matur nuwun saya ucapkan kepada teman-teman yang sudah mengapresiasi film Tilik sedemikian rupa sehingga saya sampai detik ini masih ndredeg dan pengin nangis nulisnya,” tulisnya, pada Jumat (21/8/2020).

Lebih lanjut Siti menyampaikan jika kesuksesan film pendek tersebut merupakan hasil kerja tim. Ia juga yakin karya yang dibuat dengan tulus akan menyentuh hati penonton.

“Melihat semua orang mendoakan kami dengan baik dan dengan bahagia pula responsnya adalah kebahagiaan kami yang tak terkira,” lanjut perempuan yang akrab disapa Ozie itu.

Meski demikian, Siti Fauziah Saekhoni menyadari jika sebuah karya tak mungkin memuaskan semua pihak. Karenanya dirinya terbuka terhadap kritik. Ia pun menyampaikan permohonan maaf jika dari perkataannya di dalam film itu menyinggung sejumlah pihak.

“Dengan tulus hati kami juga tetap manusia biasa sing akeh ra penere ketimbang benere (yang lebih banyak kesalahan daripada benarnya). Tidak ada sedikit pun kami membuat karya ini dengan tujuan buruk,” imbuhnya.

Siti berharap film Tilik menjadi bentuk doa baik bagi penonton dan pembuatnya. “Semoga itu juga bentuk doa yang baik buat kami agar bisa membuat karya dengan lebih baik ke depannya. Matur sembah nurun. Semoga hidup kita penuh berkah dan diiringi bahagia selalu,” tulis Ozie di akun Instagram @ozie_zie, miliknya.

Film Tilik yang disutradari oleh Wahyu Agung Prasetyo ini merupakan produksi tahun 2018 dan sempat tayang di TVRI pada awal Juni 2020 lalu. Namun film berdurasi 32 menit ini baru diunggah di kanal YouTube milik Ravacana Films pada 17 Agustus 2020 lalu.

Para pemain dalam film pendek ini di antaranya Siti Fauziah sebagai Bu Tejo, Brilliana Desy sebagai Yu Ning, Lully Syahkisrani sebagai Dian, dan Tri Sudarnono sebagai Gotrek.

Film Tilik disebut sudah mengantongi tiga penghargaan, di antaranya berhasil memenangkan Piala Maya pada 2018 kategori Film Pendek Terpilih, menjadi Official Selection di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, serta Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Penasaran dengan film pendek ini. Simak langsung di kanal YouTube milik Ravacana Films atau klik di sini.