JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 6 Sudah Dibuka, Kuota Tetap 800.000 Peserta

Ilustrasi kartu prakerja. Foto: prakerja.go.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pendaftaran untuk program kartu prakerja sudah kembali dibuka. Pada gelombang 6 yang dimulai Kamis (27/8/2020) hari ini, kuota masih sama dengan dua gelombang sebelumnya, yakni 800.000 peserta.

“Untuk gelombang 6 kuotanya tetap sama, yaitu 800.000 peserta yang akan diterima,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam pesan pendek, Kamis (27/8/2020).

Namun Louisa belum memberikan detail rentang waktu penutupan pendaftaran untuk gelombang kali ini. Adapun program kartu prakerja ini secara keseluruhan akan menjaring total 5,6 juta peserta sampai Oktober mendatang.

Baca Juga :  Rektor IPB Sempat Bertemu Banyak Tokoh Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Sementara itu, peserta gelombang 5 yang berhasil lolos akan diumumkan pada akhir pekan nanti, Sabtu (29/8/2020), tepat pukul 08.00 WIB. Peserta yang lolos akan menerima pemberitahuan melalui pesan pendek atau SMS.

“Para pendaftar juga dapat memeriksa dashboard mereka untuk mengetahui apakah mereka terpilih untuk bergabung dalam gelombang 5,” katanya.

Peserta Kartu Prakerja nantinya akan menerima insentif senilai total Rp 3,55 juta. Jumlah tersebut terdiri dari voucher pelatihan online sebesar Rp1 juta. Kemudian Rp2,4 juta akan diberikan secara tunai dengan pencairannya dilakukan empat bulan, masing-masing Rp600.000. Sisanya sebesar Rp150.000 diberikan jika peserta sudah mengisi tiga buah survei.

Baca Juga :  Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

Khusus untuk voucher pelatihan online, jika tidak habis dipergunakan, maka sisanya akan dikembalikan ke kas negara.

Sementara itu, sebanyak 490.000 peserta program Kartu Prakerja dari gelombang 1 hingga 3 dilaporkan telah menerima pencairan insentif senilai total Rp840 miliar. Jumlah tersebut berdasarkan data hingga 12 Agustus 2020.

Peserta yang menerima pencairan insentif adalah mereka yang telah menyelesaikan pelatihan program Kartu Prakerja. Proses pencairan dilakukan dalam jangka waktu 14 hari kalender setelah peserta menuntaskan pelatihannya.

www.tempo.co