JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Terdampak Pandemi Covid-19, Pengusaha Rental Mobil di Jogja Bikin Angkringan Berjalan yang Ajak Konsumen Makan sambil Keliling Kota Gudeg

Penampakan mobil Angkringan Berjalan di Yogyakarta. Foto: Tempo/Probadi Wicaksono
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pandemi Covid-19 telah membawa dampak sangat besar pada bisnis pariwisata di Kota Yogyakarta. Para pelaku usaha pariwisata pun dipaksa memutar otak agar tetap bisa menjalankan bisnisnya di masa saat ini.

Salah satu yang turut merasakan besarnya dampak pandemi adalah usaha rental mobil. Situasi pandemi Covid-19 telah membuat para pengusaha mobil rental kehilangan pelanggan, bahkan sampai tidak ada permintaan sewa kendaraan dari wisatawan.

Karenanya, para pengusaha rental mobil yang tergabung dalam kelompok Adipati Rental mencoba menghadirkan layanan baru di tengah pandemi saat ini, yakni Angkringan Berjalan.

Angkringan, yang biasanya adalah mangkal di satu tempat dan menjajakan hidangan murah meriah, coba digabungkan dengan mobil untuk memberikan sensasi baru.

Inisiator Angkringan Berjalan, Aulia Irwan Fajrin mengatakan selama dihajar pagebluk dampak pandemi Corona, usaha rental yang dia tekuni seolah berhenti total. “Tidak ada permintaan sewa kendaraan dari wisatawan,” katanya kepada Tempo.co, Sabtu (1/8/2020).

Untuk menyiasati keadaan yang sulit ini, Irwan menggagas usaha baru yang tak jauh dari urusan mobilitas berupa Angkringan Berjalan. “Ini adalah inovasi bagaimana penumpang menyantap menu angkringan khas Yogyakarta sambil menikmati suasana kota dari dalam mobil,” ujar Irwan.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

Angkringan Berjalan ini menggunakan mobil travel Toyota Hiace, sehingga di dalamnya cukup lega. Dalam kondisi biasa, kendaraan itu mampu mengangkut 16 penumpang. Untuk menjadi Angkringan Berjalan, Irwan dan tim Adipati Rental merombak interior kabinnya.

Penampakan interior mobil Angkringan Berjalan di Yogyakarta. Foto: Tempo/Probadi Wicaksono

Mereka mengubah posisi kursi dan menambahkan meja di tengah kabin. Dengan begitu, penumpang merasa nyaman saat menyantap jajanan angkringan sambil mobil melaju di jalanan Yogyakarta.

Lantas apa saja menu yang ada di Angkringan Berjalan? Irwan mengatakan hidangan yang disiapkan di Angkringan Berjalan sama seperti menu angkringan yang biasa dijumpai di Yogyakarta. Ada nasi kucing, gorengan, aneka sate, wedang jahe, dan teh panas.

Mereka membuat dua kategori layanan Angkringan Berjalan, yakni paket VIP dan paket biasa.

Untuk paket VIP maksimal mengangkut enam orang, sedangkan paket biasa maksimal delapan orang di dalam mobil. Yang membedakan paket VIP dengan paket biasa adalah penataan interior kabin.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Dalam paket VIP, penumpang duduk dengan single seat, sedangkan paket biasa, penumpang duduk di kursi biasa.

Paket VIP dibanderol Rp 75 ribu per orang, dan paket biasa bertarif Rp 50 ribu per orang. “Untuk satu kali trip, penumpang akan makan sambil berkeliling Kota Yogyakarta selama sekitar 1,5 jam,” ujarnya.

Rute yang ditempuh mulai dari garasi Adipati Rental di dekat kawasan Sindu Kusuma Edupark Sleman, melintasi Tugu Jogja, Malioboro, Alun-alun Utara, Tamansari sampai Alun-alun Selatan dan kembali ke garasi.

“Saat perjalanan bisa juga berhenti sejenak untuk berfoto bersama, seperti di Tugu Jogja atau Alun-alun Selatan,” kata Irwan.

Jika tak ingin datang ke garasi Adipati Rental, wisatawan juga bisa minta dijemput di titik yang telah disepakati.

Sebelum menikmati Angkringan Berjalan, setiap calon penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan. Ada petugas yang mengecek suhu tubuh dan mengarahkan wisatawan untuk mencuci tangan sebelum masuk ke dalam mobil. Penumpang juga wajib memakai masker dan menjaga jarak aman selama di dalam kendaran.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com