JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Zona Kuning, DIY Sudah Boleh Gelar Sekolah Tatap Muka, Tapi Sultan Masih Belum Izinkan

Sultan HB X / Tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meskipun wilayah DIY merupakan zona kuning yang diperbolehkan menyelenggarakan sekolah tatap muka, namun Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan, belum akan menyelenggarakan pembelajaran secara langsung.

Dia mengatakan, Pemda DIY tidak akan terburu-buru dalam melaksanakan kebijakan pembelajaran tatap muka bagi anak-anak sekolah, meski secara regulasi sudah diperbolehkan.

Seperti diberitakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengizinkan daerah zona kuning melakukan pembelajaran tatap muka.

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, meski DIY menjadi daerah yang diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, namun sesuai kebijakan yang diambil Gubernur DIY, saat ini pembelajaran secara langsung belum dilaksanakan.

Baca Juga :  Tugu Pal Putih Yogya Kembali Dihantui 2 Sosok Pocong Gentayangan

“Pak Gubernur meminta uji coba sekolah tatap muka dari tingkat paling atas, dari kampus baru PAUD,” ucapnya, di Kompleks Kepatihan, Senin (10/8/2020).

Ia mengatakan bahwa kampus-kampus saat ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran mahasiswanya yang direncanakan akan kembali memulai aktivitasnya pada September mendatang.

Baca Juga :  Pemkot Yogya Gencarkan Pemutusan Penularan Covid-19, Ini Yang Dilakukan    

“Kampus mulai September dengan persiapan, termasuk internal perguruan tinggi. Kemudian melakukan pendataan mahasiswa,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan, kehadiran mahasiswa kembali melakukan belajar tatap muka di kampus masing-masing juga tidak boleh dilakukan secara serentak dan seluruhnya.

“Harus pelan-pelan. Dilakukan uji coba terlebih dahulu. Harapannya dimulai dari yang usia dewasa karena sudah bisa memahami protokol kesehatan. Meski demikian tetap harus bertahap untuk meminimalisasi dampak penularan Covid-19,” ucapnya.

www.tribunnews.com