JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

11 Kampung KB di Blora Diresmikan Bupati Koko

Bupati Blora Djoko Nugroho atau yang akrab disapa Bupati Koko meresmikan 11 Kampung KB di 11 Desa wilayah Kecamatan Todanan,Kamis (10/9/2020) pagi. Istimewa

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) diharapkan bisa mengurangi angka stunting di Indonesia. Menindaklanjuti program tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho atau yang akrab disapa Bupati Koko meresmikan 11 Kampung KB di 11 Desa wilayah Kecamatan Todanan,Kamis (10/9/2020) pagi.

Peresmian diawali dengan pemotongan pita di gapura kampung KB Desa Todanan sebagai tempat pusat acara. Selain itu juga dimeriahkan pemukulan kentongan. Selanjutnya, Buapti Blora dengan didampingi Ketua TP PKK Blora, Kepala Dinas Dalduk KB, Kepala OPD terkait, dan Forkopimcam Todanan, melakukan peninjauan stand pameran UKM produksi ibu-ibu PKK, pelayanan KB.

Camat Todanan, Edi Widayat, S.Pd, M.Kes, MH, menyampaikan 11 Kampung KB yang diresmikan kali ini oleh Bupati adalah Kampung KB Desa Todanan, Kajengan, Karanganyar, Wukirsari, Sendang, Prigi, Kedungbacin, Ledok, Kembang, Gondoriyo, Candi.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Minta Penderita Diabetes dam Hipertensi Tetap di Rumah Saja

Para Kepala Desa dari masing-masing Kampung KB juga hadir dalam acara tersebut, beserta para kader PKK, petugas Posyandu, dan PLKB se Kecamatan Todanan.

Kepala Dinas Dalduk KB, Achmad Nur Hidayat, dalam laporannya menyampaikan bahwa pembentukan Kampung KB yang terus dilakukan di seluruh wilayah Blora ini dimaksudkan untuk mencetak keluarga yang berkualitas dan sehat.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat dan para Kades, serta kader PKK dan PLKB bisa terus mensosialisasikan pentingnya program KB untuk membentuk keluarga yang berkualitas.

“Saat ini angka stunting masih tinggi, kasus perceraian tinggi, pernikahan dini juga masih terjadi. Ini menandakan program KB belum secara keseluruhan dipahami masyarakat. Kami minta agar pelayanan KB terus dilakukan meskipun sedang pandemi. Tetap patuhi protokol kesehatan,” ungkap Bupati.

Baca Juga :  Makam Ki Mandung dan Cermin Kehidupan Toleransi

Dalam kesempatan itu, Bupati Djoko Nugroho juga menyampaikan bahwa Kabupaten Blora pada bulan Desember 2020 mendatang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga masyarakat diminta untuk bisa menyukseskannya.

“Pasangan yang sudah mendaftar ada tiga, Umi Kulsum – Agus Sugiyanto, Arief Rohman – Tri Yuli Setyowati, dan pasangan Dwi Astutiningsih – Riza Yudha Prasetia. Mau milih siapa saja monggo terserah, semuanya punya niat yang baik untuk membangun Blora. Tetap jaga kondusifitas dan kedamaian,” sambung Bupati. Ahmad|Satria Utama