JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

CDC Keluarkan Peringatan Perjalanan ke Indonesia, Sebut Risiko Tertular Covid-19 Tinggi dan Penanganan Medis Terbatas

Ilustrasi penyebaran virus corona atau covid-19. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menerbitkan surat peringatan perjalanan level 3 untuk tujuan Indonesia. Surat peringatan perjalanan itu berkaitan dengan tingginya risiko penularan Covid-19 di Tanah Air.

Dengan diterbitkannya surat peringatan itu, warga AS akan disarankan untuk menghindari dan tidak melakukan perjalanan yang tidak mendesak ke Indonesia.

Melalui laman resminya, CDC memaparkan sejumlah poin penting alasan diterbitkannya peringatan level 3 tersebut. Salah satunya adalah karena tingginya risiko tertular Covid-19 jika berkunjung ke Indonesia.

Selain itu, disebutkan pula bahwa jika mengalami sakit di Indonesia dan membutuhkan penanganan medis segera, dikhawatirkan tidak bisa segera dirawat karena sumber daya yang terbatas.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Arab Saudi Buka Kembali Layanan Umroh secara Bertahap. Jemaah Luar Negeri Diizinkan Datang Mulai 1 November 2020

Meski ada saran menghindari perjalanan ke Indonesia, namun untuk perjalanan mendesak seperti tugas kemanusiaan, keperluan keluarga yang penting, atau alasan yang menyangkut medis masih bisa diizinkan.

Namun CDC juga memperingatkan bahwa jika setelah melakukan perjalanan ke Indonesia dan saat dilakukan tes hasilnya positif Covid-19 maka akan dilarang masuk kembali ke AS hingga dipastikan sembuh dan jika terjadi kontak dengan pasien Covid-19 selama perjalanan maka akan dikarantina selama 14 hari sebelum diperbolehkan kembali ke AS.

CDC memiliki tiga level peringatan perjalanan, yakni level 1 untuk pengawasan dan disarankan melakukan tindakan pencegahan biasa, kemudian level 2 untuk waspada dengan tindakan pencegahan yang lebih ditingkatkan, serta level 3 untuk bahaya dan disarankan menghindari perjalanan tak mendesak.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

CDC juga telah menerbitkan peringatan perjalanan level 3 terkait Covid-19 untuk 213 negara, seperti Meksiko, Namibia, Monako, Suriah, Afghanistan, Kazakhstan, Kuwait, Italia, Uni Emirat Arab, dan banyak lainnya.

Di wilayah Asia Tenggara, selain Indonesia, CDC mengeluarkan peringatan level 3 untuk Singapura, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Kamboja. Sedangkan Malaysia termasuk dalam peringatan perjalanan level 2 dan Thailand level 1.