JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

CDC Terbitkan Peringatan Perjalanan ke Indonesia, Ini Tanggapan Satgas Covid-19: Seluruh Dunia akan Lakukan yang Sama

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto: Dok BPNB/M Arfari Dwiatmodjo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Indonesia termasuk dalam negara yang dianggap memiliki risiko tinggi penularan Covid-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. CDC juga telah menerbitkan peringatan perjalanan level 3 untuk tujuan Indonesia.

Dengan diterbitkannya surat peringatan itu, CDC mengimbau warga AS untuk menghindari dan tidak melakukan perjalanan yang tidak mendesak ke Indonesia.

Melalui laman resminya, CDC memaparkan sejumlah poin penting alasan diterbitkannya peringatan level 3 tersebut. Salah satunya adalah karena tingginya risiko tertular Covid-19 jika berkunjung ke Indonesia.

Selain itu, disebutkan pula bahwa sumber daya medis di Indonesia terbatas sehingga jika mengalami sakit dan tertular Covid-19 di Indonesia akan sulit mendapatkan penanganan medis segera.

Baca Juga :  Mengganas, 54 Warga Karanganyar Meninggal Suspek Covid-19 dan 22 Warga Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Total Kasus Tembus 448, Jumlah Warga Meninggal Capai 90 Orang

Terkait peringatan perjalanan level 3 yang diterbitkan CDC itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, Wiku Adisasmito menjelaskan, pada prinsipnya pandemi memang belum berakhir di seluruh dunia.

Wiku mengatakan, setiap negeri pasti berusaha untuk mencegah penularan terjadi lebih masif dengan cara membatasi pergerakan penduduknya. Hal ini dilakukan oleh AS, begitu pula Indonesia.

“Kita hindari bersama untuk tidak melakukan perjalanan antarnegara karena berpotensi importansi kasus. Seluruh dunia akan lakukan yang sama,” kata Wiku dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020).

Wiku pun meminta masyarakat Indonesia, baik di dalam negeri maupun WNI yang ada di luar negeri, untuk menghindari perjalanan antarnegara jika tidak mendesak.

Baca Juga :  Barusaja Masuk Zona Oranye, Kasus Covid-19 Langsung Meledak Lagi Tambah 24 Warga Positif Hari Ini. Tersebar di 12 Kecamatan, Total Kasus Meroket Jadi 511, Warga Meninggal Sudah 68

Dalam peringatan yang dirilis CDC, pemerintah AS mengingatkan kepada warganya yang memang memaksakan diri berkunjung ke Indonesia agar berkonsultasi terlebih dulu kepada Kementerian Luar Negeri atau Kementerian Kesehatan RI, serta Biro Urusan Konsuler Departemen Luar Negeri AS.

CDC telah menerbitkan peringatan perjalanan level 3 terkait Covid-19 untuk 213 negara. Di wilayah Asia Tenggara, selain Indonesia, CDC juga mengeluarkan peringatan perjalanan level 3 untuk Singapura, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Kamboja. Sedangkan Malaysia masuk dalam peringatan perjalanan level 2 dan Thailand level 1.

www.republika.co.id