JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dapat Posisi Kanan, Cabup Petahana Grobogan, Sri Sumarni Langsung Ucapkan Alhamdulillah. Targetkan Raup 95 Persen  Suara

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan Sri-Bambang telah memperoleh posisi kanan saat undian tata letak gambar di kertas suara. Untuk posisi kiri akan diisi kolom kotak kosong. Istimewa
madu borneo
madu borneo
madu borneo

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Banyak hal yang menarik menjelang pelaksanaan Pilkada Grobogan 2020. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember mendatang telah mencatatkan rekor selama digelar Pilkada secara langsung.

Dalam pelaksanaanya, sudah dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto. Hal yang menarik lainnya, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan Sri-Bambang telah memperoleh posisi kanan saat undian tata letak gambar di kertas suara. Untuk posisi kiri akan diisi kolom kotak kosong.

Dalam tahapan Pilkada ini, Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto datang bersamaan ke kantor KPU Grobogan dengan menumpang mobil yang berbeda. Keduanya hanya didampingi beberapa orang timnya saja. Pelaksanaan pengundian dilangsungkan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Menurut Agung Sutopo, dalam pelaksanaan pengambilan undian tersebut, diwakilkan oleh Sri Sumarni. Ia menyebutkan mekanisme pengambilan undian dengan memilih dan mengambil bola plastik berisi tulisan keterangan posisi, yang diletakkan pada bejana kaca transparan.

“Alhamdulillah, pengambilan undian sudah terlaksana,” ujar Agung saat dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (24/9/2020).

Baca Juga :  Diduga Depresi, Perempuan Asal Jekulo Kudus Nekat Gantung Diri di Dalam Kamar Tidur

“Dalam pelaksanaan pengambilan undian, berbeda dengan daerah lain yang melaksanakan pengundian nomor urut. Jadi sesuai regulasi, jika hanya satu paslon maka pengundiannya adalah tata letak posisi, bukan nomor urut,” sambung dia.

Sementara itu, Sri Sumarni menegaskan, bersama Calon Wakil Bupati Bambang Pujiyanto pihaknya menargetkan mengantongi suara sebanyak 95 persen.

“Alhamdulillah, kami memang sangat berharap mendapatkan posisi kanan. Kami sangat bersyukur mendapatkan posisi kanan,” terang Sri Sumarni.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan menetapkan pasangan calon Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto menjadi bakal pasangan calon tunggal di Pilkada Kabupaten Grobogan yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Pasangan Sri-Bambang dipastikan sebagai calon tunggal di Pilkada Grobogan 2020. Hal itu menyusul hingga batas akhir masa perpanjangan pendaftaran tak ada calon lain yang mendaftarkan diri ke KPU.

Dalam Pilkada 2020, pasangan Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto didukung 10 partai politik dengan total 50 kursi yang mendeklarasikan untuk memenangkan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto di Pilkada Grobogan 2020.

Baca Juga :  Diduga Tak Kuat Menanjak Truk Fuso Terguling di Tanjakan Bawen

Parpol yang mendukung di antaranya PDIP (19 kursi), PKB (7 kursi) PPP (5 kursi), Hanura (5 kursi), Golkar (3 kursi), Demokrat (2 kursi), PAN (1 kursi), Gerindra (5 kursi), Partai Berkarya (1), PKS (2 kursi).

Selain itu, ada juga partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Grobogan ikut memberikan dukungannya yaitu Partai Perindo dan Nasdem. Sementara itu, selama pelaksanaan Pilkada Kabupaten Grobogan secara langsung dipilih oleh rakyat, belum pernah hanya diikuti satu pasangan calon.

Seperti halnya pada Pilkada Grobogan pada 9 Desember 2015 lalu, pasangan Sri Sumarni-Edy Maryono yang didukung PDIP, PKB, PAN dan Hanura berhasil mengungguli pasangan Icek Baskoro-Sugeng Prasetyo yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Nasdem.

Sri Sumarni resmi dilantik menjadi Bupati Grobogan pada 21 Maret 2016 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Namun, Edy Maryono tidak sempat dilantik menjadi wakil bupati karena ia wafat pada 11 Maret 2016. Satria Utama