JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gemparkan Warga, Bayi Perempuan Mungil Ditemukan di Pinggir Jalan Lingkar Utara Kudus Dalam Kondisi Hidup

Lokasi penemuan bayi perempuan yang ditemukan di dalam tas yang ditaruh di pinggir jalan lingkar utara, Kaliwungu, Kudus. Istimewa

KUDUS, JOGLOSEMARNEWS.COM — Entah setan apa yang merasuk di benak pikiran orang tua yang tega membuang bayi yang dilahirkannya. Di pinggir jalur lingkar utara di wilayah Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kudus tergeletak sesosok bayi perempuan mungil yang baru saja lahir dari rahim ibunya pada Senin (7/9/2020) pagi. Hal itu dikuatkan adanya tali pusar pada saat pertama kali ditemukan.

Menurut Muhammad, Kepala Dusun Madaran, Desa Mijen, bayi tersebut ditemukan pertama kali oleh warga yang tengah jalan-jalan pagi.

“Penemuan pagi tadi (kemarin) sekitar pukul 5.45 WIB oleh warga yang tengah jalan-jalan pagi melihat ada bungkusan tas di depan warung pinggir jalan lingkar Utara Kudus. Saat tas tersebut dibuka ternyata isinya bayi,” terang dia.

Baca Juga :  Jika Dinilai Berbahaya, Gubernur Ganjar Minta KPU dan Bawaslu Pertimbangkan Usulan Penundaan Pilkada Serentak 2020

Dijelaskannya lebih detail, kondisi bayi saat pertama kali ditemukan sudah berwarna biru dan sudah tidak bisa menangis.

“Di dalam tas tersebut juga ada kain dua lembar seperti selendang. Kondisi bayi saat ditemukan sudah berwarna biru. Selanjutnya kami bawa ke Puskesmas,” imbuh dia.

Kepala Puskesmas Kaliwungu, Yuskal Yusrizal menambahkan, saat ini bayi sudah mendapatkan perawatan. Ia menyebutkan, bayi mungil berat badannya 2,1 kg dan panjangnya 50 cm.

“Kondisinya (bayi) sudah dalam kondisi stabil. Kita lakukan penanganan segera, kita lakukan pemotongan tali pusar. Bayi itu masih ada tali pusarnya sedangkan plasenta sudah lepas,” imbuh dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kaliwungu, Kudus, Ipda Supadi menjelaskan, atas peristiwa penemuan bayi tersebut saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait penemuan bayi tersebut.

Baca Juga :  Pilkada Grobogan 2020 Catatkan Sejarah, Pasangan Sri-Bambang Lawan Kotak Kosong, KPU Pastikan Penuhi Persyaratan dan Lolos Tes Kesehatan

“Ya benar berdasarkan laporan yang kami terima bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang tengah jalan-jalan pagi. Lokasi penemuan di pinggir jalan lingkar utara di wilayah Desa Mijen, Kaliwungu,” terang dia.

“Saat ini masih kita lakukan penyelidikan. Bayi jenis kelamin perempuan, pada saat temukan kondisinya mengering dan kritis namun setelah dibawa ke Puskesmas kondisinya sudah membaik,” imbuh dia.

“Sedangkan barang bukti yang diamankan kata dia berupa tas pembungkus bayi dan kain lurik. Sedangkan sejumlah saksi sudah diperiksa,” sambung dia. Satria Utama