JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Gunakan Kotak Kampanye Virtual, Bajo Kukuh Door To Door

Calon wali kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka gencar menggelar kampanye di tengah pandemi. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Calon wali kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka gencar menggelar kampanye di tengah pandemi. Putra sulung Presiden Jokowi tersebut berinovasi menggunakan kotak kampanye virtual demi menghindari terjadinya kerumunan massa.

Sejak penandatanganan pakta integritas dan deklarasi kampanye damai, Gibran bersama Teguh Prakosa gencar kampanye setiap hari. Senin (28/9/2020) ini merupakan hari ketiga Gibran-Teguh berkampanye, blusukan online. Rute kali Senin (28/9/2020) sore ini, Gibran mendatangi warga di Pajang RT 2 RW 4, Pajang, Laweyan, Solo.

Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan mengatakan, kampanye virtual yang dilakukan Gibran-Teguh tidak hanya mendatangi satu titik lokasi saja.

“Seperti Minggu (27/9/2020) kemarin, kampanye virtual digelar di Nusukan. Selain itu di hari yang sama juga dilakukan kampanye dengan fasilitas media video call via telepon, di Kratonan, Manahan dan beberapa tempat lainnya,” paparnya, Senin (28/9/2020).

Baca Juga :  Kisah Lucu Penjual Judi Cap Jie Kia Solo, Penyol Alias Dewa Judi Mengira Dibawa Debt Collector, Ternyata Diciduk Polisi

Putut menambahkan, media kampanye yang dipakai merupakan terobosan kreatif menghadapi pandemi COVID -19 untuk menghindari kerumunan massa.

“Kerumunan massa berpotensi menimbulkan kluster baru. Sehingga untul menghindari hal tersebut dipilih terobosan dialog virtual dan blusukan digital,” tegasnya.

Meski Gibran berada di rumahnya, namun dia masih bisa menyapa warga lewat kotak kampanye virtual tersebut.

“Sama saja efektifnya dengan mendatangi warga. Yang terpenting kan interaksi sama warga. Keluhan-keluhan saya catat, di lokasi ada tim saya yang mencatat kemudian biasanya kami foto KTP warga yang menyalurkan keluhan, kemudian kita follow up,” tutur Gibran.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan, Mandiri Syariah Buka Layanan di RS JIH Solo

Di sisi lain, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) lebih menggiatkan kegiatan kampanye lewat konsep door to door.

“Sejak hari pertama kampanye, tim pemenangan sudah bergerilya door to door ke rumah warga. Masing-masing kecamatan di Kota Solo ditempatkan 20 orang relawan untuk menyampaikan visi misi Bajo,” ujar Sekretaris Tim Pemenangan Bajo, Danik Prawita Sari.

Kemudian rencananya, tim pemenangan Bajo akan mendatangi tokoh-tokoh agama di Kota Solo selama tiga hari ke depan mulai Senin (28/9/2020). Prihatsari