JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

PDM Muhammadiyah Solo dan Karanganyar Kerjasama Bangun Pondok Pesantren Modern Tahfid Di Jengglong Karanganyar. Dananya Hampir Rp 5 Miliar

Foto/Beni Indra
Foto/Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pimpinan Daerah Muhammadiyah PDM Kota Solo dan PDM Karanganyar menjalin kerjasama untuk membangun satu unit pondok pesantren modern senilai hampir Rp 5 miliar.

Pembangunan pondok pesantren moderen itu ditujukan untuk ekspansi dunia pendidikan kekinian yaitu perlunya dibuat pondok modern.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah PDM Karanganyar, Samsuri mengatakan kerjasama ini didasari kepentingan untuk mengoptimalkan sejumlah tanah wakaf yang ada di Karanganyar yang selama ini belum digarap.

Secara kebetulan tanah yang akan dibangun pondok pesantren modern tersebut adalah tanaf wakaf yang diberikan pewakaf kepada PDM Solo, namun letaknya berada di Karanganyar di daerah Jengglong dekat area RSUD Karanganyar.

Baca Juga :  Anggota DPR RI Paryono Ingatkan Para Calon Bupati-Wabup. "Nekat Langgar Protokol Kesehatan Bisa Langsung Didiskualifikasi!"

“Ya ini sedang dibahas konsepnya bagaimana tentang pembangunan tersebut termasuk model pembiayaanya,” tandasnya.

Adapun dari pertemuan sementara sudah ada MoU antar kedua PDM tersrbut yakni sepakat dibangun pondok pesantren modern dengan asumsi biaya hampir Rp 5 miliar secara keseluruhan.

Untuk itu pihaknya terus lakukan pertemuan guna dilakukan tahapan teknis termasuk konsep gedung berapa lantai dan seperti apa.

“Ini yang akan dibicarakan selanjutnya tahapan teknis bangunan skema prosentase pembiayaan antar dua PDM tersebut,” lanjutnya.

Wakil Ketua PDM Solo, Joko Riyanto mengatakan pondok itu difokuskan untuk pondok pesantren tahfid Quran modern dengan jenjang setara SMA. Adapun pengelolaanya besar kemungkinan dilakukan oleh dua PDM tersebut.

Baca Juga :  Ziarah ke Giribangun, Pangdam IV Diponegoro Kalungkan Untaian Melati di Pusara Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien. Ingatkan Apapun Perjalanan Hidupnya, Soeharto Dinilai Berjasa Besar untuk TNI

“Intinya kerjasama ini menyepakati untuk dibangun pondok pesantren modern dan diprogram segera realisasi mungkin tahun depan mulai dilakukan tahapan pembangunan,” ujarnya.

Joko Riyanto berharap jika kelak pembangunan selesai dan beroperasi bisa menjadi pondok moderen unggulan sebagai bentuk tanggung jawab moral Muhammadiyah pada pewakaf.

Sebab banyak tanah wakaf milik PDM Solo berada di kabupaten lain termasuk Karanganyar maka harus dioptimalkan. Beni Indra