JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Punya Penyakit Asam Urat, Hindari 12 Bahan Makanan Mengandung Purin Tinggi Ini. Ada Daging, Buah, hingga Sayuran

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Penyakit asam urat disebabkan olah kadar asam urat yang terlalu banyak di dalam tubuh. Biasanya ditandai dengan gejala seperti nyeri pada persendian, pembengkakan, hingga peradangan. Penderita asam urat disarankan untuk menghindari bahan makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Zat purin sendiri sebenarnya merupakan zat yang bisa ditemukan secara alami dalam tubuh. Namun, kandungan zat purin juga bisa di beberapa jenis makanan. Purin biasanya akan diolah tubuh menjadi asam urat dalam kadar yang normal. Selama kadar asam urat tersebut masih normal, maka hal tersebut masih cukup aman.

Akan tetapi, jika kadar asam urat dalam tubuh sudah terlalu banyak, bisa menyebabkan ginjal kesulitan untuk melakukan pembuangan melalui feses dan urine. Di dalam kondisi tersebut, maka bisa menyebabkan menumpuknya kristal asam urat di area persendian.

Agar kadar asam urat tidak meningkat, maka perlu menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Jika tidak, ditakutkan penyakit asam urat akan kambuh dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini sejumlah bahan makanan mengandung purin tinggi yang patut dihindari bagi para penderita asam urat, yang bisa berasal dari sumber hewani, buah, hingga sayuran:

1. Daging Merah

Makanan yang mengandung purin tinggi salah satunya adalah daging merah. Daging yang tergolong dalam jenis daging merah yaitu daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda, di mana beberapa jenis daging dari hewan tersebut merupakan makanan yang mengandung purin tinggi dan bisa menimbulkan asam urat.

Selain itu, daging unggas, seperti angsa dan bebek juga termasuk ke dalam jenis daging merah. Itulah mengapa jenis daging ini juga perlu dihindari oleh penderita asam urat.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Sembuh Masih Mungkin Membawa Virus

2. Jeroan

Jeroan mungkin cukup dikenal sebagai makanan yang mengandung purin tinggi. Ada beraneka ragam jenis jeroan yang bisa menyebabkan asam urat, yaitu usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Berbagai jenis jeroan hewan tersebut merupakan beberapa dari sekian banyak makanan yang mengandung purin tinggi penyebab asam urat.

3. Seafood

Bahan makanan yang mengandung purin tinggi juga bisa berasal dari binatang laut. Jenis makanan laut yang mengandung purin cukup tinggi di antaranya seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi. Selain jenis makanan laut segar, ada juga jenis makanan laut kalengan yang tinggi purin, seperti sarden dan ikan kalengan lain.

4. Kembang Kol

Selain dari sumber hewani, zat purin tinggi ternyat juga bisa ditemukan dalam sejumlah sayuran. Kembang kol salah satu jenis sayuran yang umum digunakan dalam campuran sayuran dan kadang dimasak sebagai lauk. Kembang kol sendiri merupakan makanan yang mengandung purin tinggi dan bisa menjadi penyebab asam urat. Bahkan, kandungan purin yang terkandung di dalam 100 gram kembang kol mencapai 51 gram.

5. Bayam

Meski bayam merupakan jenis makanan sehat, namun bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung purin tinggi. Bahkan kandungan purin dalam bayam lebih tinggi dari kol. Sebab, di dalam 100 gram bayam, terdapat 57 gram kandungan purin.

6. Asparagus

Asparagus memiliki sangat banyak kandungan bermanfaat, seperti folat dan kalium yang sangat baik dalam pembentukan sel darah merah, serta bisa juga mencegah berbagai penyakit. Sayangnya, asparagus merupakan salah satu makanan yang mengandung purin tinggi. Meski begitu, dalam 100 gram asparagus hanya terdapat 23 gram purin, lebih rendah dibandingkan bayam dan kembang kol.

Baca Juga :  Jadikan Kulit Sehat dan Bersina dengan 3Rutinitas Pagiini, Diawali dengan Minum Air Putih

7. Nanas

Mengonsumsi buah-buahan tentu baik bagi tubuh. Namun makan buah nanas berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan asam urat. Sebab nanas yang dikonsumsi, selanjutnya di dalam pencernaan akan difermentasi menjadi alkohol. Padahal kandungan alkohol bisa meningkatkan timbulnya asam urat.

8. Nangka

Nangka termasuk salah satu jenis buah yang mengandung purin tinggi. Maka dari itu, bagi para penderita asam urat tidak disarankan untuk mengonsumsi nangka secara berlebihan.

9. Durian

Selain terkenal karena mengandung kolesterol tinggi, durian juga merupakan salah satu makanan yang mengandung purin tinggi. Bahkan jika dipaksakan untuk mengonsumsi durian, bisa menyebabkan komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang, dan hipertensi.

10. Susu Tinggi Lemak

Beberapa jenis produk susu tinggi lemak seperti susu murni dan es krim, umumnya menjadi salah satu penyebab asam urat meningkat. Hal ini karena produk susu tinggi lemak memiliki kandungan purin tinggi.

11. Jamur

Jamur juga salah satu makanan yang mengandung purin tinggi yang di dalamnya terdapat 12-17 gram purin dalam tiap 100 gram jamur. Maka dari itu usahakan jangan konsumsi jamur atau jika tidak bisa, maka batasi konsumsi jamur tersebut.

12. Olahan Kedelai

Makanan mengandung purin tinggi ini mungkin cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis olahan kedelai, seperti tahu, tempe, tauco, susu kedelai, serta berbagai olahan lainnya. Sangat disayangkan bagi para pasien penyakit asam urat harus benar-benar membatasi konsumsi berbagai olahan kedelai olahan tersebut, dikarenakan kandungan purinnya yang cukup tinggi. Liputan 6